post image
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

SIKAP mandiri adalah hal yang penting dimiliki setiap orang. Agar terbiasa mandiri, sikap ini perlu dilatih dan dididik sejak masa kanak-kanak. Bila tidak, maka anak bisa saja terus bergantung pada orangtua atau orang di sekitarnya dan sulit beradaptasi dengan lingkungan.

Melatih sikap mandiri pada anak bisa diterapkan dari hal-hal kecil yang biasa ia lakukan. Segala sesuatu yang Bunda ajarkan akan memengaruhi kemampuan anak dalam bersikap, termasuk menumbuhkan sikap mandiri.

Mengutip laman Instagram smartparenting.official, ada 4 hal yang baiknya tidak dilakukan orangtua saat ingin membentuk anak menjadi mandiri.

1. Membebaskan anak melakukan apapun

Kemandirian identik dengan tanggung jawab. Terkadang orangtua sering beranggapan, anak yang masih kecil bisa melakukan apa saja yang diinginkannya, asalkan ia bahagia.

Memang, cara itu akan membuat anak menjadi bahagia. Tapi, anak tidak akan mengerti mana batasan-batasan yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Jadi, terkadang bersikap tegas pada anak, tidak mengapa.

2. Selalu membantu anak mengerjakan segala hal

Maksudnya ingin agar tugas-tugas anak cepat selesai, hasilnya sempurna, dan lain-lain. Tapi, hal ini justru membuat anak ketergantungan dengan orangtuanya.

Kalau begini terus, anak akan menjadi tidak mandiri dan tidak percaya diri. Jadi, biarkan saja anak mengerjakan segala sesuatunya sendiri. Tugas orangtua hanya mengontrol, apakah yang dikerjakannya benar atau salah.

3. Selalu membela anak

Tanpa mau mendengar penjelasan orang lain, Bunda selalu menganggap anaknya benar. Apalagi pemakluman, karena si anak masih kecil.

Saat anak berbuat salah dan dibela oleh orangtuanya, anak akan memiliki pikiran bahwa apa yang dilakukannya adalah hal yang wajar. Sudah pasti, ke depannya ia akan melakukan hal yang sama.

Padahal baiknya orangtua menegur dan mengoreksi kesalahan yang dibuat anak.

4. Menentukan hobi anak

Ini adalah kesalahan klasik yang seringkali dilakukan orangtua. Kebanyakan mereka menentukan hobi anak, mulai dari olahraga, memancing, menggambar, atau lainnya.

Anak memang milik orangtua, tapi tidak semua kegemaran orangtua harus juga digemari oleh anak. Bicarakan dulu dengan anak apa yang ingin mereka lakukan.

Membuat anak mandiri memang bukan hal yang mudah. Cara mendidik anak adalah kunci utamanya.

Jika ingin anak tumbuh besar menjadi remaja yang mandiri, jangan terlalu ikut campur dan ajarkan tentang batasan-batasan yang baik untuknya. Dengan begitu, anak akan memiliki kemandirian yang baik.

 

Close X

Tanpa Sadar Orangtua Bisa Jadi Pembully Anak. Perhatikan Hal Berikut Ini !

Sebelumnya

Cegah Sifat Boros pada Anak, dengan 9 Trik Berikut

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Parenting