Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

MASA kecil adalah masa yang paling indah. Banyak kenangan bisa dibuat, baik itu saat si kecil sedang belajar berjalan, mulai mengeluarkan kata-kata, dan menunjukkan kecerdasan lainnya.

Sayang sekali jika masa-masa tersebut dilewatkan begitu saja hanya karena kesibukan orangtua. Karena setiap menit perkembangan anak akan menjadi hal yang paling berharga.

Ayah Bunda, bagaimana membangun kenangan indah ini untuk si kecil? Mengutip laman Instagram Sahabat Parenting, ada beberapa hal yang bisa Ayah Bunda lakukan untuk membuat kenangan indah bersama si kecil.

1. 30 menit berinteraksi

Ayah Bunda, coba luangkan waktu 30 menit lamanya untuk berinteraksi dengan anak. Singkirkan dulu gadget dan manfaatkan eye contact serta sentuhan.

Nikmati renyahnya tawa si kecil, hindari distraksi lainnya dan ukir kenangan tetsebut jadi hal yang paling berharga untuk masa depan anak.

2. 15 menit bercerita

Buatlah waktu selama 15 menit untuk kembali hadir, membacakan cerita-cerita menarik saat mereka hendak tidur. Biarkan si kecil yang memilih buku ceritanya.

Tugas Ayah Bunda, bacakan cerita itu dengan ekspresif, intonasi yang menarik dan seru. Jadikan kegiatan ini sebagai hal yang rutin dan paling ditunggu-tunggu oleh buah hati kita.

3. 10 menit menemani

Hadir pulalah selama 10 menit untuk menemani anak mandi. Biarkan mereka menikmati aktivitas di kamar mandi, seperti bermain air, berenang, dan sebagainya.

Manfaatkan hal tersebut untuk mengajarkan anak tentang kebersihan. Buat semuanya terlihat menyenangkan.

4. 5 menit tertawa

Cobalah tertawa bersama anak selama 5 menit saja. Rasakan bagaimana tertawa bersamanya itu bisa menjadi salah satu bentuk healing, untuk membantu meredakan penat dan stres selepas bekerja.

Apapun itu dan berapa lama waktu yang diperlukan, kebersamaan dengan anak-anak adalah hal yang tidak bisa digantikan. Banyak manfaat yang bisa orangtua dapat saat dekat dengan si kecil.

Jadi, buatlah kebersamaan itu menjadi kenangan yang paling indah baik untuk Ayah Bunda maupun anak-anak. Dekatkanlah hubungan orangtua dengan anak lewat menit-menit berharga.

 




Seringkali Diabaikan dan Tidak Dianggap, Waspadai Dampak Depresi pada Anak Laki-Laki

Sebelumnya

Anak Remaja Mulai Menjauhi Orang Tua, Kenali dan Pahami Dulu Alasannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting