Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

ANGKA kasus positif Covid-19 di beberapa daerah di Jakarta sudah mengalami penurunan yang signifikan. Pemerintah pun mulai melonggarkan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Sejumlah tempat umum seperti mall dan tempat wisata mulai dibuka dengan protokol kesehatan yang ketat. Hal ini dimanfaatkan masyarakat untuk berekreasi, mencari hiburan setelah beberapa waktu hanya bisa beraktifitas dari rumah saja.

Saat memutuskan untuk berekreasi, ada baiknya melengkapi isi tas dengan beberapa barang berikut ini. Gunanya mencegah diri dari paparan virus Corona yang selalu ada di tempat-tempat yang ramai.

1. Bawa peralatan makan dan minum pribadi

Ada baiknya peralatan makan dan minum selalu ada dalam tas kami saat bepergian di masa pelonggaran PPKM ini. Hal tersebut untuk mengurangi kontak langsung dengan orang lain.

Jika memungkinkan, bawalah bekal dari rumah sehingga tidak perlu membeli jajan di luar yang kebersihannya belum terjamin.

2. Siap sedia sertifikat vaksin

Sejumlah tempat umum telah mensyaratkan sertifikat vaksin sebagai akses masuk. Tidak perlu mencetak sertifikat, karena hal itu akan sangat berbahaya.

Cukup buka aplikasi PeduliLindungi.id dan download sertifikat vaksin kamu. Simpan dengan baik di gadget kami dan tunjukkan ketika petugas memintanya.

3. Pakai masker dan siapkan cadangannya

Ingat selalu protokol kesehatan, salah satunya adalah memakai masker. Gunakan masker di manapun kamu pergi dan siapkan cadangannya. Jangan hanya membawa masker yang kamu kenakan, ya!

Masker yang kamu pakai harus diganti saat dirasa kotor, basah, atau lembab, agar fungsi filtrasinya tetap maksimal.

Pilih masker yang tepat sesuai situasinya. Saat berada di luar ruangan, atau tempat dengan ventilasi udara yang baik di mana kemungkinan konsentrasi virus tidak banyak, gunakan masker kain atau masker disposable.

Namun saat pergi ke tempat tertutup, seperti kantor, rumah sakit, pertokoan dalam waktu yang lama, pakailah masker dobel atau masker respirator KN95 atau KF94.

4. Sedia Handsanitizer dan Sabun Cair

Yang satu ini tidak kalah penting. Handsanitizer dan sabun cair menjadi barang wajib di tas kami. Gunakan handsanitizer saat kamu tidak menemukan air untuk mencuci tangan.

Tapi bila ada air, gunakan sabun cair ya untuk membersihkan tangan. Sebab, sabun cair lebih efektif membunuh kuman dan virus dari tangan kamu ketimbang handsanitizer.

Jadi, sebelum bepergian pastikan keempat barang tersebut ada di tas kamu. Tetap jaga kesehatan, jaga jarak, dan terapkan protokol kesehatan di manapun, walau angka kasus positif Covid-19 di Indonesia mulai melandai.

 




Kontribusi Bank Mega Syariah Meningkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan Pelajar Indonesia

Sebelumnya

Temui Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh, Jusuf Kalla Minta Perang di Gaza Segera Diakhiri

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News