Rusia telah mulai memvaksinasi Covid-19 pada hewan, termasuk kucing, anjing dan kera/Net
Rusia telah mulai memvaksinasi Covid-19 pada hewan, termasuk kucing, anjing dan kera/Net
KOMENTAR

RUSIA tampaknya bergerak selangkah lebih maju daripada banyak negara lainya di dunia dalam hal vaksinasi Covid-19. Pasalnya, bukan hanya warga di Rusia yang diberikan vaksin Covid-19, namun juga hewan-hewan. 

Menurut keterangan para pejabat di Rusia, seperti dimuat BBC pada Rabu (25/5), Rusia telah mulai memvaksinasi Covid-19 pada hewan. 

Hal ini merupakan kelanjutan dari pengumuman pemerintah Rusia Maret lalu yang menyebut mereka mempersiapkan pendaftaran vaksinasi bagi hewan atas Covid-19. Mereka mengklaim bahwa ini adalah yang pertama dilakukan di dunia. 

Sejak pengumuman itu, lembaga pengawas hewan Rusia yakni Rosselkhoznadzor mengatakan bahwa sejumlah daerah di Rusia kini mulai vaksinasi Covid-19 di klinik hewan. 

Vaksin yang digunakan adlaah vaksin Covid-19 untuk hewan yang dikembangkan oleh Rusia, yakni Carnivac-Cov. 

Vaksin bisa diberikan kepada sejumlah hewan, terutama hewan peliharaan seperti kucing, anjing dan kera. 

Sejauh ini penelitian menemukan bahwa kekebalan yang muncul setelah tusukan Carnivak-Cov diperkirakan enam bulan.

Sementara itu,kepala penasihat Rosselkhoznadzor yakni Julia Melano mmengatakan bahwa klinik-klinik hewan di Rusia telah melihat peningkatan permintaan vaksinasi, baik dari peternak, pemilik hewan peliharaan yang sering bepergian dan juga warga yang hewannya berkeliaran dengan bebas.

Sebenarnya, bukan hanya Rusia yang mmengembangkan vaksin Covid-19 untuk hewan. Ada juga waksin lain yang juga dikembangkan oleh perusahaan farmasi hewan Amerika Serikat yakni Zoetis.




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News