Bella Hadid terlihat di antara para demonstran yang berpawai di jalan-jalan kota New York (16/05/2021)/ Net
Bella Hadid terlihat di antara para demonstran yang berpawai di jalan-jalan kota New York (16/05/2021)/ Net
KOMENTAR

KAKAK beradik yang dikenal sebagai model papan atas Amerika, Isabella Khair Hadid (Bella) dan Jelena Noura Hadid (Gigi), dikenal sebagai sosok generasi muda yang amat menghormati leluhur mereka. Dilahirkan dari pasangan Mohamed Hadid (Palestina) dan Yolanda (Belanda), Bella dan sang kakak selalu aktif menyuarakan perdamaian di Palestina.

Bella Hadid terlihat di antara para demonstran yang berpawai di jalan-jalan kota New York (16/05/2021). Model yang terbiasa tampil glamor di atas catwalk ini mengenakan keffiyeh hitam putih yang menjadi simbol nasionalisme dan persatuan Palestina, yang kemudian menjadi sedemikian populer dikenakan oleh Yasser Arafat.

Bukan sekali ini Bella membela Palestina. Empat tahun lalu, ia juga sudah turun ke jalan. Bagi Bella, #freepalestine adalah sesuatu yang akan selalu ia suarakan. "Saya memiliki banyak hal untuk dikatakan saat ini, tolong Anda semua baca dan pelajari. Ini bukan tentang agama. Ini bukan tentang menumpahkan rasa benci kepada orang lain. Ini tentang pendudukan Israel, pembersihan etnis, pendudukan militer dan apartheid terhadap warga Palestina yang telah berlangsung selama bertahun-tahun!" tulis Bella dalam laman Instagramnya.

Bella juga menegaskan bahwa ia berdiri bersama saudara-saudara Palestina-nya. Ia selalu akan melindungi dan mendukung warga Palestina.

"Saya mencintai kalian. Saya menangis untuk kalian. Saya berharap saya dapat menghapus kepedihan yang kalian rasakan. Kepedihan seorang ayah yang tak bisa lagi memeluk anak-anaknya. Kepedihan seorang ibu yang harus mengubur anaknya sebelum ia menyaksikannya tumbuh dewasa. Juga kepedihan anak-anak yang kelak akan menjadi seniman atau dokter namun tidak bisa mendapatkan pendidikan dan perhatian yang mereka berhak mendapatkannya. Untuk para nenek kakek yang membangun rumah untuk keluarga mereka tapi kini sudah rata dengan tanah. Aku melihat kalian. Aku mendengar kalian. Dan aku pun merasakan kepedihan untuk kalian."

Sang ayah juga sangat bangga dengan yang dilakukan Bella. Sang raja real estate itu mengunggah foto-foto Bella dalam barisan demonstrasi #freepalestine. Menurut Mohamed Hadid, tak ada seorang pun di dunia ini yang diizinkan untuk 'membersihkan' etnis tertentu. Ia dilahirkan di Nazareth, Palestina, dan keluarganya telah berada di sana selama ribuan tahun. Karena itulah Palestina menjadi tanah leluhurnya. Begitu juga bagi anak-anaknya.

Mohamed Hadid juga mengunggah sebuah foto lawas yang memperlihatkan kapal laut yang diyakini berisi pengungsi yahudi yang tiba di Palestina. Sebuah kain panjang bertuliskan "THE GERMANS DESTROYED OUR FAMILIES AND HOMES – DON'T YOU DESTROY OUR HOPES" tergantung di sisi kapal. Kakek-nenek Bella dan Gigi termasuk orang-orang yang menerima pengungsi tersebut dengan tangan terbuka di rumah mereka. Namun kini, warga Palestina justru dipaksa keluar dari tanah kelahiran mereka.

Tak hanya Bella, anak-anak Mohamed Hadid dari pernikahan pertamanya yaitu Alana Hadid dan Marielle Hadid juga terlihat bergabung bersama para pengunjuk rasa.

Sementara itu, Gigi Hadid yang baru melahirkan anak pertamanya, Khai Hadid Malik, pada September 2020 tak kalah bersuara tentang #freepalestine. Gigi diserang oleh warganet yang mendukung Israel dan menuduhnya sebagai anti-Semit. Gigi membalasnya dengan mengatakan bahwa ia tidak ingin memerangi orang Israel tapi hanya fokus pada pembebasan Palestina. Ia hanya menginginkan hak yang sama untuk warga Palestina.

Menurut Gigi, di Palestina juga ada yahudi dan nasrani yang telah menetap sejak lama bersama keluarga-keluarga muslim di sana. "I wish you peace," tulis Gigi kepada orang yang menganggap #freepalestine sebagai gerakan untuk membunuh para yahudi.

"I have been told my entire life that who I am: a Palestinian woman—is not real. I've been told my father does not have a birth place if he is from Palestine. And I am here to say. Palestine is very much real and the Palestinian people are here to stay and coexist. As they always have. And we will always come together as a family. Always. This is about HUMANITY not about religion!!!! This is about freedom in Palestine," pungkas Bella dalam captionnya.




Protes 28 Pegawai Berujung Pemecatan: Desak Google Putuskan Kontrak Kerja Sama dengan Israel

Sebelumnya

Israel Luncurkan Serangan Balasan, Iran: Isfahan Baik-Baik Saja

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News