post image
Ilustrasi aneka jenis kurma/ Net
KOMENTAR

KURMA adalah panganan yang sebaiknya ada saat kita berbuka puasa. Kurma umumnya berasal dari Mekah, Madinah, Iran, Irak, dan negara Timur Tengah lainnya.

Harga kurma sangat bervariasi, tergantung jenis, bentuk, ukuran, dan berasal dari daerah mana. Berdasarkan Abu Dhabi Food Control Authority (ADFCA) 2017, beberapa varietas kurma dengan kualitas tinggi jumlahnya sangat terbatas di pasaran. Itu lantaran penumbuhan bibit hingga berbuahnya memerlukan kondisi spesifik tertentu (merujuk pada Gulf News).

Dari spesifikasi tersebut, Pejabat Direktur Penelitian Pertanian Saudi Abdullah Al Mousa menyebutkan lima jenis kurma termahal sepanjang sejarah yang dibudidayakan pemerintah Uni Emirat Arab.

1. Barhi
Kurma Barhi memiliki warna yang berbeda dengan kurma lainnya, kuning dengan bentuk bulat seperti duku atau Langsat. Teksturnya renyah dan manis, persis karamel saat dimakan.

Kurma Barhi kaya akan kandungan serat, zat besi, kalium, vitamin B, dan antioksidan. Meski dibudidayakan di Arab Saudi, namun jenis terbaiknya ada di Basra, Irak.

Kurma Barhi dikemas dengan cara berbeda dengan kurma lainnya, yaitu dijual lengkap dengan batangnya. Dan merujuk Life in Saudi Arabia, harga pasar Kurma Barhi mencapai 50 Riyal atau setara dengan Rp 193.637 per kilogram.

2. Medjool
Dikenal sebagai Ratu Kurma karena ukurannya besar dan rasa manis yang cukup kuat, serta tekstur lembutnya.

Kurma Medjool adalah jenis kurma yang sering disantap sebagai makanan sehat, sebab mengandung tinggi kalsium dan zat besi. Dalam satu porsi Medjool mampu memberikan 20 persen serat makanan harian.

Hanya saja, karena rasa manisnya yang cukup kuat, penderita diabetes dianjurkan untuk tidak mengonsumsi Kurma Medjool.

Dibandingkan dengan kurma Barhi, harga Medjool adalah yang paling mahal. Yaitu dijual seharga 70 Riyal atau sekitar Rp 271.092 per kilogram.

3. Sukkari
Berasal dari kata "sukkur" yang dalam bahasa Arab diartikan sebagai gula. Daging kurma Sukkari bertekstur renyah dabbmanis, sehingga populer dijadikan sebagai makanan penutup.

Bentuk kurma ini bulan dan warnanya kuning keemasan. Banyak orabg yang memakannya langsung atau menjadikannya isian roti, topping sereal, atau dijus.

Kurma Sukkari dijual sekitar 70-80 Riyal atau setara Rp 309.820 per kilogramnya untuk kualitas premium.

4. Ajwa
Kurma Ajwa adalah jenisnterbaik dari semua varietas kurma. Memiliki warna cokelat tua kehitaman dengan rasa manis dan tekstur yang lembut saat digigit.

Manfaatnya, menjaga kesehatan jantung, tulang dan gigi, serta baik bagi penderita diabetes, imun tubuh, serta wanita hamil.

Mengonsumsi kurma Ajwa sebanyak 2-3 biji setiap pagi di sela waktu makan, diyakini merupakan waktu yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Harga jualnya cukup memukau, yaitu mencapai 100 Royal atau Rp 387.275 per kilogran untuk kualitas terbaiknya.

5. Amber
Sekilas bentuknya mirip dengan Kurma Ajwa. Hanya saja, kurma Amber lebih lonjong dan warnanya lebih terang dengan gurat pada kulit buah yang jelas. Bijinya juga lebih kecil, namun daging buahnya tebalndan kering.

Kurma Amber tinggi akan protein, mineral, dan serat yang baik bagi kesehatan.

Soal harga, sama dengan Kurma Ajwa. Yaitu dijual 100 riyal per kilogramnya untuk jenis yang terbaik.

 

Close X

Cek 7 Rekomendasi Ahli Soal Rumah Sehat Dengan Konsep Hijau

Sebelumnya

Memelihara Akal Demi Meronanya Cinta

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah Family