Kurma Medjool yang besar dan manis/Lawang
Kurma Medjool yang besar dan manis/Lawang
KOMENTAR

MINGGU lalu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa haram atas produk kurma yang terafiliasi dengan Israel. Aksi boikot seluruh produk yang mendungkung negara tersebut tertuang dalam Fatwa MUI No 83/2023 tentang Hukum Dukungan Terhadap Perjuangan Palestina.

Penegasan Fatwa Haram ini disampaikan Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Sudarnoto, Sabtu (16/3/2024). Dirinya meminta kepada pedagang di seluruh wilayah Indonesia agar tidak menjual produk-produk yang mendukung Israel, salah satunya kurma yang banyak dijual saat Ramadan.

Lalu, seperti apakah kurma Israel tersebut?

Israel dikenal sebagai salah satu negara yang menjual kurma Medjool terbesar di dunia. Kurma Medjool sendiri merupakan salah satu jenis kurma yang sangat popular karena rasanya yang manis. Selain itu, Medjool memiliki kandungan potassium yang tinggi dibandingkan jenis lainnya.

Kurma ini terasa Istimewa dibandingkan jenis yang lain. Dan, seperti ini ciri-cirinya:

  1. Lunak. Medjool adalah jenis kurma lunak karena dipanen di awal musim. Kurma ini memiliki tekstur lembut dan agak lengket. Terkadang, kurma ini dijual dalam bentuk kering, namun tidak terlalu kering.
  2. Rasanya manis alami. Rasa manis kurma Medjool berasal dari Tingkat konsentrasi gula yang tinggi saat kurma mongering dalam keadaan lunak. Inilah mengapa rasa manisnya sama dengan karamel, tetapi tidak terlalu legit.
  3. Bentuknya besar dan panjang, juga bisa dimakan saat mentah. Ukurannya cukup besar dan panjang, karena itulah seringkali disebut dengan ‘King of Dates’. Kurma jenis ini juga bisa dimakan dalam keadaan segar (masih mentah), walau orang lebih senang mengonsumsinya dalam keadaan kering.
  4. Tahan lama. Keunggulan lain dari kurma Medjool adalah daya simpannya yang cukup lama.

Tetapi, banyak negara lain yang juga memproduksi kurma jenis ini, misalnya Maroko dengan merek dagang Moroccan Medjool Dates. Palestina juga memproduksinya, dengan merek dagang Dates & Sultan Brand, Palestine King Dates, dan Medjool Al Quds Classic.

Lalu, bagaimana cara mengenali kurma Medjool asal Israel?

Periksa barcode yang ada di kemasan. Biasanya, produk kurma Israel diawali dengan angka 729. Nomor tersebut adalah nomor seri untuk Israel. Kemudian, hindari pula membeli kurma tanpa informasi produsen dan asal negara produksi yang jelas. Dan, biasanya harga kurma Israel lebih murah karena mendapatkan subsidi dari pemerintahnya.




Mendikbudristek Nadiem Makarim: Penting Menanamkan Rasa Cinta terhadap Perbedaan dalam Diri Anak Indonesia

Sebelumnya

Hadiri Pertemuan WIPO di Jenewa, Menparekraf Sandiaga Uno: Indonesia Punya Potensi Kekayaan Intelektual yang Sarat Tradisi dan Kearifan Lokal

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News