post image
Salah satu unsur penting dalam menurunkan berat badan adalah memperhatikan soal apa saja asupan makanan yang dikonsumsi/Net
KOMENTAR

MENURUNKAN berat badan merupakan target yang diupayakan oleh banyak orang.

Salah satu unsur penting dalam upaya menurunkan berat badan adalah memperhatikan lebih seksama makanan apa saja yang dikonsumsi.

Mengutip healthline, berikut lima makanan yang ramah bagi mereka yang sedang menurunkan berat badan.

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau termasuk kale, bayam dan sejumlah sayuran hijau lainnya memiliki beberapa khasiat yang membuatnya sempurna untuk diet penurunan berat badan. Sayuran hijau cenderung rendah kalori dan karbohidrat serta sarat dengan serat.

Makan sayuran hijau adalah cara yang bagus untuk meningkatkan volume makanan Anda, tanpa menambah kalori.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa makanan dan diet dengan kepadatan energi yang rendah membuat orang makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan.

Sayuran hijau juga sangat bergizi dan sangat tinggi banyak vitamin, antioksidan dan mineral, termasuk kalsium, yang telah terbukti membantu pembakaran lemak dalam beberapa penelitian.

2. Ikan salmon

Ikan berlemak seperti salmon sangat sehat dan mampu membuat Anda kenyang selama berjam-jam dengan kalori yang relatif sedikit.

Salmon diketahui sarat dengan protein berkualitas tinggi, lemak sehat, dan berbagai nutrisi penting.

Sementara itu, ikan dan makanan laut secara umum mungkin juga memasok yodium dalam jumlah yang signifikan. Nutrisi ini diperlukan untuk fungsi tiroid yang tepat, yang penting untuk menjaga metabolisme Anda tetap berjalan optimal.

Selain itu, salmon juga sarat dengan asam lemak omega-3, yang telah terbukti membantu mengurangi peradangan, yang diketahui berperan besar dalam penyakit obesitas dan metabolisme.

3. Alpukat

Alpukat adalah buah yang unik. Meskipun sebagian besar buah tinggi karbohidrat, alpukat justru mengandung lemak sehat.

Alpukat sangat tinggi asam oleat tak jenuh tunggal, jenis lemak yang sama yang ditemukan dalam minyak zaitun.

Meski mengandung lemak, namun alpukat juga mengandung banyak air dan serat serta nutrisi penting dan kalium.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kandungan lemaknya dapat meningkatkan penyerapan antioksidan karotenoid dari sayuran 2,6 hingga 15 kali lipat.

4. Cabai
 

Makan cabai mungkin berguna untuk diet penurunan berat badan. Pasalnya, cabai mengandung capsaicin, zat yang telah terbukti mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak dalam beberapa penelitian.

Zat ini bahkan dijual dalam bentuk suplemen dan bahan umum di banyak suplemen penurun berat badan komersial.

Satu penelitian menunjukkan bahwa makan 1 gram cabai merah mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak pada orang tidak terbiasa makan pedas.

5. Jeruk Bali Merah

Salah satu buah yang pantas untuk disorot adalah grapefruit atau disebut juga jeruk bali merah. Efeknya pada pengendalian berat badan telah dipelajari secara langsung.

Dalam studi 12 minggu pada 91 orang yang mengalami obesitas, makan setengah jeruk bali merah segar sebelum makan menyebabkan penurunan berat badan sebesar 3,5 pon atau sekitar 1,6 kg.

Kelompok jeruk juga mengalami penurunan resistensi insulin, kelainan metabolisme yang berimplikasi pada berbagai penyakit kronis.

Oleh karena itu, makan setengah jeruk bali sekitar setengah jam sebelum makan harian Anda dapat membantu Anda merasa lebih kenyang dan makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan.

Close X

Sambiloto Untuk Pencegahan & Pengobatan Covid-19? Ini Faktanya!

Sebelumnya

4 Langkah Mudah Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Farah Health