Kate Middleton dan Meghan Markle/ Net
Kate Middleton dan Meghan Markle/ Net
KOMENTAR

DUA putri kerajaan Inggris, Kate Middleton dan Meghan Markle, sama-sama dikenal sebagai perempuan yang menjalankan gaya hidup sehat. Hal itu kompak mereka lakukan bersama pasangan masing-masing.

Meski demikian, ada perbedaan tajam antara exercise rutin yang dilakukan Kate dan Meghan. Kedua menantu Pengeran Charles itu sangat memperhatikan kebugaran tubuh namun dengan motivasi dan cara yang berbeda, seperti dikatakan Roberta Fiorita kepada Harper’s Bazaar berikut ini.
Kate Middleton

Bicara tentang kiat bugar Duchess of Cambridge, Kate dikenal sebagai sosok penyuka olahraga. Sejak kecil, ia tumbuh dalam lingkungan yang akrab dengan berbagai permainan olahraga. Dan setelah menikah dengan Pangeran William, ia pun kerap berpartisipasi dalam kegiatan fisik di berbagai kegiatan kerajaan.

Kate memang dikenal sangat menyukai aktivitas outdoor dan berjiwa kompetitif. Ia dan William sangat menyukai berkompetisi dalam beragam event olahraga. Tidak terkecuali saat menjalani kehidupan lockdown selama pandemi.

Salah satu kegiatan favorit Kate untuk menjaga kebugaran selama pandemi adalah lari di sepanjang Anmer Hall, rumah yang ia tinggali bersama keluarganya di Norfolk, Inggris. Tidak peduli cuaca dingin sekali pun, ia memanfaatkan waktu luangnya dengan berlari. Ia juga memanfaatkan kolam renang dan lapangan tenis yang ada di Anmer Hall untuk berolahraga.

Kate juga penggemar olahraga ski, bersepeda, dan mendayung. Kate bahkan punya mesin latihan dayung indoor yang digunakannya untuk latihan rutin. Ia juga gemar melakukan planking, yang membuat postur tubuhnya proporsional dan selalu fit.

Bagi Kate, kebugaran bukanlah semata tentang penampilan fisik melainkan untuk mempromosikan gaya hidup sehat kepada tiga buah hatinya, Pangeran George (7), Putri Charlotte (5), dan Pangeran Louis (2).

Sangat penting bagi Kate memberikan contoh yang baik kepada ketiga buah hatinya tentang pentingnya berolahraga setiap hari. Kate menyadari bahwa kebiasaan baik anak-anak terbentuk dari contoh yang mereka lihat setiap hari. Karena itulah ia konsisten memperlihatkan seperti apa dan bagaimana rasanya menjalankan gaya hidup sehat.

Contek Gaya Workout Kate Middleton
Ingin bugar seperti Duchess of Cambridge? Mulailah dari cara yang mudah seperti jalan santai atau lari berkeliling rumah. Jika malas bergerak sendirian, ajaklah teman untuk bersama melakukan permainan olahraga seperti tenis atau badminton.

Jika keluar rumah tidak memungkinkan, kita bisa melakukan planking di rumah ala Kate Middleton seperti ditulis Daily Mail: Tahan posisi plank dalam 45 detik lalu ulangi sebanyak 10 kali.

Plank adalah gerakan dengan menempatkan dua sisi tangan (termasuk siku) pada permukaan lantai, lalu bagian tubuh lainnya seperti hendak push up. Terlihat mudah, namun saat melakukannya, perut terasa tertekan tanda otot sedang bereaksi. Plank tergolong cara yang praktis namun fungsional.

Meghan Markle
Lain Kate, lain Meghan. Jika Kate lebih banyak melakukan workout yang ‘keras’, Meghan lebih menyukai meditasi, yang lebih menenangkan. Duchess of Sussex yang telah pindah ke Amerika bersama Pangeran Harry dan putra mereka, Archie Harrison Mountbatten-Windsor ini lebih menyukai latihan yang berkaitan dengan wellness.

Meghan tidak terlalu menyukai olahraga yang identik dengan kompetisi. Ia memilih sesuatu yang bersifat personal, berpusat pada dirinya sendiri, dan menghadirkan keseimbangan. Workout ala Meghan lebih banyak dilakukan seorang diri, sangat cocok untuk situasi saat ini yang mewajibkan social distancing.

Meghan terobsesi dengan yoga yang menjadi favoritnya sejak usia 7 tahun. Tidak mengherankan karena  ibunya, Doria, adalah seorang instruktur yoga. Sesibuk apa pun, Meghan menyempatkan setidaknya 15 menit untuk melakukan yoga di sela aktivitasnya. Di penghujung hari, setelah semua kegiatan selesai, barulah ia melakukan latihan lengkap. Selain yoga, Meghan juga penggemar pilates.

Meghan dan keluarga kecilnya tinggal di Montecito, California, selama pemberlakuan lockdown. Di sana ia dan Harry punya fasilitas memadai untuk menjaga kebugaran tubuh. Kolam renang besar, indoor gym, sauna, juga playground luar ruangan untuk Archie. Rumah mereka sangat kondusif untuk melakukan exercise selama pandemi.

Yang terpenting bagi Meghan adalah keseimbangan antara tubuh dan pikiran. Meghan sangat menyukai workout yang menenangkan pikiran sekaligus menguatkan dan melenturkan tubuh.

Seiring bertambahnya usia, lari mulai menyulitkan lututnya. Meghan tidak pernah berlari lebih dari yang biasa ia lakukan. Namun di tahun 2015, ia sempat ingin mengikuti maraton. Saat itu, lari menjadi satu bentuk ‘meditasi bergerak’ yang bisa membuatnya merasa nyaman sekaligus menyehatkannya.

Diketahui dari Women’s Health, Meghan pernah memiliki pelatih pribadi di Toronto saat menjalani syuting serial Suits di sana. Tiga hingga empat kali seminggu, ia melakukan workout selama 45 menit. Menurut Craig McNamee, sang pelatih, Meghan fokus pada kesehatannya. Ketika masuk ke gym, Meghan tidak mengeluh sama sekali. Dia menikmati workout-nya.

Meghan menyebutkan bahwa kesehatan, pikiran yang fokus dan tenang, juga perasaan senang yang muncul setelah workout membuatnya bersemangat untuk pergi ke gym.

Contek Gaya Workout Meghan Markle
Kita bisa meniru gaya workout meditatif Duchess of Sussex dengan mengikuti kelas online streaming atau video workout lengkap yang mencakup yoga dan pilates selama 28 menit per sesi. Tubuh yang segar dan pikiran yang tenang bisa menjadi imun booster kita selama pandemi.

Kita juga bisa meniru gaya workout Meghan sebelum ia menikah dengan Harry. Ia membagi workout ke dalam 4 bagian: 5 menit untuk latihan kardio, 5 menit pemanasan, 30 menit circuit training (gabungan latihan kardio dan latihan kekuatan), dan 5 menit pendinginan.

 

 

 




Ingin Punya Daya Ingat Lebih Baik di Usia Lanjut? 4 Nutrisi Ini Jaga Otak Tetap Aktif

Sebelumnya

5 Kebiasaan Tak Terduga yang Bisa Sebabkan Sariawan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health