Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

GIZI yang terkandung dalam beberapa makanan dapat membantu kita melepaskan stres. Kita bisa memasukkan beberapa makanan ini ke dalam menu harian kita agar manfaatnya dapat terasa setiap hari.

Berikut ini 7 di antara makanan yang bermanfaat mengurangi stres. Informasi tentang kandungan gizi dalam 7 makanan tersebut diambil dari berbagai hasil riset yang dipublikasikan US National Library of Medicine National Institute of Health.

#1 Brokoli
Brokoli termasuk kelompok sayuran cruciferous dalam klasifikasi Brassica seperti kembang kol, brokoli, kubis, selada air, sawi hijau, lobak, dan kangkung.

Banyak mengonsumsi brokoli juga sayuran cruciferous lain dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker, penyakit jantung, juga gangguan kesehatan mental seperti depresi. Nutrisi yang terkandung dalam brokoli adalah magnesium, vitamin C, dan folat terbukti dapat menghambat gejala depresi.

#2 Bawang Putih
Tingginya senyawa sulfur pada bawang putih dapat meningkatkan kadar glutathione. Antioksidan tersebut merupakan bagian dari garda depan tubuh kita dalam melawan stres.

#3 Ikan Berminyak
Kelompok ikan berminyak seperti salmon, sarden, haring, juga makarel dikenal kaya lemak omega-3 dan vitamin D yang sangat baik untuk mengurangi tingkat stres sekaligus menaikkan mood.
Ikan berminyak atau ikan berlemak adalah ikan yang umumnya berdaging merah dan dagingnya mengandung minyak/ lemak. Pada ikan berdaging merah, minyak mencapai kadar 30 persen dari massa daging.

Omega-3 tidak hanya penting untuk kesehatan otak dan mood tapi juga menolong tubuh dalam mengelola stres. Demikian pula vitamin D. Pada masyarakat tertentu, rendahnya tingkah omega-3 dan vitamin D dapat menimbulkan depresi dan kecemasan.

#4 Blueberry
Buah blueberry memang diidentikkan dengan sejumlah manfaat kesehatan, salah satunya yaitu meningkatkan mood, seperti dimuat jurnal bertajuk “Effects of Acute Blueberry Flavonoids on Mood in Children and Young Adults”.

Dengan tingginya kandungan flavonoid sebagai antioksidan, blueberry ampuh untuk antiperadangan dan memiliki efek neuroprotektif. Blueberry bisa mengurangi stres yang muncul sehubungan dengan peradangan dan melawan stres yang berkaitan dengan kerusakan sel.

#5 Teh Chamomile
Chamomile adalah tanaman obat yang telah digunakan sejak zaman kuno sebagai pengurang stres. Teh dan ekstrak chamomile terbukti membuat tidur lebih nyenyak dan mengurangi gejala depresi dan kecemasan.

#6 Kimchi
Tak banyak yang mengetahui, kimchi yang merupakan hidangan sayuran terfermentasi memiliki bakteri menguntungkan yaitu probiotik serta tinggi kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan.

Penelitian membuktikan bahwa makanan terfermentasi dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Dalam sebuah studi yang melibatkan 710 orang dewasa, mereka yang lebih sering mengonsumsi makanan terfermentasi mengalami gejala kecemasan sosial yang lebih sedikit.

Banyak penelitian lain juga membuktikan bahwa makanan yang mengandung probiotik tinggi seperti kimchi bermanfaat untuk kesehatan mental. Hal tersebut karena berhubungan dengan bakteri usus yang langsung berefek pada mood.

#7 Bubuk Matcha
Bubuk teh hijau ini dikenal para penggiat kesehatan dengan kandungan L-theanine yang kaya. L-theanine adalah asam amino nonprotein yang memiliki elemen pelepas stres. Matcha adalah jenis asam amino yang paling baik dibandingkan jenis teh hijau lainnya. Matcha terbuat dari daun teh hijau yang tumbuh di tempat teduh.

Matcha terbukti dapat mengurangi stres jika kadar L-theanine cukup tinggi dan kafeine di dalamnya rendah. Sebagai contoh, 6 orang yang makan kue dengan kandungan 4,5 gram bubuk matcha setiap hari dalam penelitian 15 hari terbukti berkurang tingkat stres dengan penanda enzim salivary alpha-amylase (SAA) dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi kue tersebut.

 




Benarkah Cuaca Panas Ekstrem Berbahaya Bagi Penderita Diabetes?

Sebelumnya

5 Manfaat Spesifik Vitamin C bagi Kesehatan Tubuh

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health