Ruam kulit yang dialami Dewi Persik setelah dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19/ Net
Ruam kulit yang dialami Dewi Persik setelah dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19/ Net
KOMENTAR

GEJALA terinfeksi Covid-19 semakin meluas. Tidak melulu demam, sesak napas, atau kehilangan penciuman, kini muncul ruam pada kulit.

Seperti yang dialami pedangdut Dewi Persik, yang mengakui mengalami gejala Covid-19 tak biasa, yaitu ruam pada kulit. Menurutnya, sebanyak 20 persen pasien terinfeksi Covid-19 akan mengalami ruam tersebut dan gejala ini kerap tak disadari mereka yang terpapar.

Gejala ruam pada kulit pertama kali dilaporkan China dan Eropa. Para ahli dari King's College London telah mengidentifikasi jenis ruam kulit yang berpotensi menjadi gejala covid.

1. Urtikaria
Ruam Jenin ini muncul seperti bintik yang timbul tiba-tiba pada kulit. Benjolan bisa datang dan pergj cukup cepat dan sangat gatal.

Urtikaria seringkali dimulai dengan rasa gatal yang hebat pada telapak tangan atau kaki dan menyebabkan pembengkakan pada bibir serta kelopak mata.

2. Ruam seperti cacar air
Gejala ini ditandai dengan benjolan merah kecil di area siku, lutut, punggung tangan dan kamk. Dalam beberapa kasus, hanya ada beberapa benjolan kecil. Ruam ini bisa bertahan lama setelah penularan. Dan gejala juga bisa muncul beberapa minggu setelah permulaan infeksi.

3. Covid-19 Toes
Ditandai dengan benjolan kemerahan dan keunguan di jari tangan atau kaki, yang mungkin terasa sakit dan biasanya tidak gatal.

Jenis ruam ini paling spesifik untuk Covid-19, lebih sering terjadi pada pasien usia muda dan cenderung muncul di beberapa hari pasca terinfeksi.

 




Makanan yang Harus Dihindari Ibu Menyusui Saat Bayi Alami Batuk Pilek

Sebelumnya

Susu Kedelai, Benarkah Baik untuk Kesehatan Jika Diminum Secara Rutin?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health