Sonia Gandhi/ Net
Sonia Gandhi/ Net
KOMENTAR

SONIA Gandhi, politikus perempuan India, hari ini berulang tahun ke-74. Presiden Indian National Congress (INC) ini tidak merayakan ulang tahunnya mengingat masih banyaknya permasalahan yang menimpa kaum petani serta adanya pandemi Covid-19.

Alih-alih merayakan kelahirannya, isteri mendiang mantan Perdana Menteri India, Rajiv Gandhi, ini justru sedang mengungsi ke Goa setelah dokter menyarankannya meninggalkan Delhi untuk menghindari dirinya dari polusi. Sonia diketahui menderita infeksi dada. Polusi serta wabah pandemi dikhawatirkan akan membuatnya bertambah rentan. Di Goa, Sonia ditemani putranya.

Pada 12 September, Sonia Gandhi ditemani Rahul Gandhi pergi ke Amerika Serikat selama beberapa hari untuk pemeriksaan kesehatan rutinnya. Keduanya melewatkan sesi monsun Parlemen dari 14 hingga 23 September.

Tahun lalu juga, Sonia juga tidak merayakan ulang tahunnya setelah meningkatnya insiden pemerkosaan di berbagai wilayah yang mengancam keselamatan wanita.

Keputusan itu diambil setelah kematian korban pemerkosaan, yang dibakar, di sebuah rumah sakit di Delhi dan juga insiden seorang dokter hewan muda yang diperkosa, dibunuh dan dibakar di Hyderabad oleh empat orang tahun lalu.

Sebelum berkiprah di dunia politik, Sonia adalah ibu rumah tangga yang melakukan pekerjaan domestiknya. Dia sangat jarang mendapat sorotan publik. Setelah kematian suaminya pada 21 Mei 1991, karena dibunuh oleh Thenmuli Rajaratnam, seorang separatis Tamil, Sonia mulai mendapat dorongan untuk masuk ke dunia politik oleh para pemimpin senior INC.

Sonia bergabung ke ONC pada 1997, lalu setahun kemudian dia dicalonkan sebagai presiden partai.

 




Memaknai Hakikat Perempuan Hebat dari Sosok Mooryati Soedibyo: Empu Jamu Indonesia hingga Menjadi Wakil Rakyat

Sebelumnya

Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women