post image
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

MENJADI penghuni surga adalah keinginan setiap manusia. Sebab surga menawarkan keindahan, kenikmatan, dan kebaikan yang abadi.

Allah Swt. menjanjikan surga kepada hamba Nya yang ttat terhadap perintah Nya, tidak menentang segala kehendak Nya, melakukan perbuatan-perbuatan baik, dan ibadah yang rajin. Jika keimanan mampu dipertahankan, surga tempatnya. Insha Allah.

Dalam suatu hadits disebutkan, wanita adalah penghuni surga yang paling sedikit.

"Dari Imran bin Husain, bahwa Rasulullah pernah menyatakan, 'sesungguhnya penghuni surga yang paling sedikit adalah kaum  wanita'. Dalam kisa Isra' Mi'rajnya Nabi juga dijelaskan bahwa Nabi banyak melihat wanita di neraka." (HR Muslim)

Terkhusus kaum hawa, Allah telah memberikan ciri-ciri yang akan menikmati surga di akhirat kelak.

1. Menjaga salat lima waktu

Menjalankan salat lima waktu adalah wajib hukumnya bagi semua muslim. Menjalankan salat fardhu belum tentu menjamin seseorang masuk surga, tetapi ini adalah salah satu amalan yang memperlancar langkah menuju surga.

"Jika seorang wanita selalu menjaga salat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadan), menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina), dan taat kepada suaminya, maka dikatakan pada wanita tersebut, 'Masuklah ke surga melalui pintu manapun yang engkau suka'." (HR Ahmad, sahih)

2. Melindungi kemaluannya dari zina

Sesuai dengan hadits sebelumnya, selain menjalankan salat fardhu, wanita juga harus menjaga kemaluannya dari perbuatan zina sebelum dirinya menikah.

3. Sabar

Salah satu sifat manusia yang bisa mendapatkan ampunan dan pahala yang besar adalah sabar. Bahkan dengan sabar kita bisa mendapatkan rahmat-Nya, berupa surga.

Allah Swt. berfirman dalam Surat Al-Ahzab: 35:

"Sesungguhnya, laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu', laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan mereka ampunan dan pahala yang besar."

4. Taat kepada suami

Wanita yang dapat menjadi penghuni surga salah satu ya mereka bisa mengikuti dan taat kepada suami, jika demikian, insha Allah tidak akan sulit masuk surga karena sudah tugasnya sebagai suami menuntun keluarganya menuju kebaikan.

Dalam Surat An-Nisa: 34 Allah berfirman:

"...Sebab itu maka wanita yang salah ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasihatilah mereka dannpisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka menantimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar."

5. Selalu izin kepada suami jika keluar rumah

Seorang wanita akan rentan melakukan tabarruj jika sudah sering keluar rumah. Karena itulah, Allah Swt. lebih memerintahkan seorang istri untuk lebih banyak di rumah dan izin ketika hendak keluar rumah.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat Al-Ahzab ayat 33:

"Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu dan dirikanlah salat, tunaikan lah zakat, dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya."

6. Selalu berprasangka baik

Berprasangka buruk kepada siapa saja adalah perbuatan yang akan menimbulkan ketidakharmonisan dan dosa. Baik wanita yang sudah bersuami atau belum, sebaiknya untuk selalu huznudzan kepada siapapun. Allah SWT berfirman dalam Surat Al-Hujurat: 12

Close X

Arah Baru Pendidikan; Karena Ibu Adalah Madrasah

Sebelumnya

Hati-Hati dengan Hati

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Farah Islam