post image
Serum wajah merupakan salah satu jenis produk skin care yang biasa digunakan oleh banyak kaum hawa/Net
KOMENTAR

MERAWAT kesehatan kulit wajah merupakan salah satu hal yang tidak pernah dilewarkan oleh banyak kaum hawa. Saat ini ada banyak pilihan produk, baik dalam jenis maupun merk perawatan wajah atau skin care yang menarik untuk dilirik.

Dari banyak jenis skin care yang biasa digunakan, salah satu yang biasanya digunakan adalah serum wajah atau face serum.

Meski kadang harganya cenderung lebih mahal daripada jenis skin care lainnya, seperti pelembab dan tabir surya, namun serum wajah memiliki manfaat besar bagi perawatan kulit wajah. Mulai dari membersihkan noda hingga menghaluskan kerutan.

Untuk mengenal lebih dekat apa itu serum wajah, manfaatnya, serta bagaimana penggunaannya yang tepat, berikut serba-serbi mengenai serum wajah:

Bagaimana cara kerja serum wajah?

Pendiri dan direktur medis Derma di Colore di Chelsea, Dr. Carlos A. Charles menjelaskan kepada The Guardian bahwa serum wajah adalah semacam pelembab ringan yang meresap lebih dalam untuk mengirimkan bahan aktif ke dalam kulit Anda.

"Dengan mengabaikan banyak bahan yang lebih berat yang ditemukan dalam pelembab tradisional, (serum wajah) mengandung konsentrasi bahan aktif yang jauh lebih tinggi," jelasnya.

Namun perlu ditekankan bahwa serum bukanlah pelembab. Serum hanya akan melembabkan wajah sedikit. Oleh karena itu, Dr. Charles merekomendasikan untuk menggunakan serum bersama dengan pelembab yang lebih berat.

Seberapa penting penggunaan serum wajah dalam skin care?

Serum sebenarnya bukan sesuatu yang harus ada dalam rejimen perawatan kulit Anda.

"Serum hanyalah langkah tambahan bagi mereka yang memiliki jenis kulit yang tepat dan ingin bekerja ekstra dalam rutinitas harian mereka," jelas Dr. Charles.

Dia menekankan bahwa meski begitu, serum memberikan bantuan lebih pada kulit agar mengatasi sejumlah masalah kulit atau membuatnya tampak lebih segar dan sehat.

Kandungan apa saja yang perlu diperhatikan dalam serum?

Dari segi harga, serum biasanya merupakan salah satu produk skin care dengan harga yang lebih mahal dibanding produk skin care lainnya. Namun perlu diperhatikan bahwa serum yang paling mahal tidak selalu yang terbaik. Baiknya, perhatikan kandungan dalam serum lebih dulu sebelum memutuskan untuk membelinya.

"Anda harus melihat bahan-bahannya untuk memastikan bahwa bahan-bahan tersebut tidak hanya mengatasi masalah kulit Anda, tetapi juga bahwa produk tersebut mengandung bahan-bahan yang membuat kulit sehat," kata ahli kulit bersertifikat dan pendiri Murad, Inc. Howard Murad, MD.

Dia menekankan, ada setidaknya tiga jenis bahan atau kandungan yang penting ada di dalam serum wajah, yakni:

1. Antixodant seperti ekstrak delima, vitamin C, dan ekstrak biji anggur. Kandungan ini mampu membantu melindungi dari kemungkinan kerusakan akibat sinar matahari dan melawan radikal bebas yang merusak yang bertanggung jawab atas banyak hal yang kita anggap sebagai penuaan kulit, termasuk garis halus.

2. Anti-inflamasi, seperti zinc, arnica, aloe vera dan goldenseal. Kandungan ini bisa menetralkan kemerahan dan mencegah kerusakan sel inflamasi.

3. Hidrator seperti ceramides, asam amino, dan asam lemak esensial. Kandungan ini memperkuat pelindung kulit dan membantu membangun membran sel yang kuat. Bahan-bahan ini melindungi kulit dari kekeringan dan garis-garis halus dengan mengisi kembali lipid kulit yang terbentuk secara alami, meningkatkan retensi kelembaban dan melindungi kulit dari lingkungan.

Kapan waktu yang tepat untuk menggunakan serum wajah?

Waktu yang tepat untuk menggunakan serum wajah bergantung pada formula dan rutinitas perawatan kulit Anda.

Serum dapat digunakan di pagi hari, malam hari atau keduanya. Namun, Dr. Charles menyarankan untuk tidak menggunakan serum di malam hari jika Anda sudah menggunakan retinoid topikal. Pasalnya, Kombinasi kedua produk tersebut dapat menyebabkan iritasi.

"Bagi mereka yang memiliki kulit lebih kering, serum bisa dilapisi di bawah pelembab pagi dan/atau malam," jelasnya. (F)

Close X

Mindful Eating, Cara Jitu Jaga Konsistensi Diet

Sebelumnya

Berenang Di Kolam Renang Umum Saat Pandemi Covid-19, Bahaya Kah?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah Health