Kasus Covid-19 pada anak tidak bisa dipandang sebelah mata/Net
Kasus Covid-19 pada anak tidak bisa dipandang sebelah mata/Net
KOMENTAR

PANDEMIK virus corona atau Covid-19 yang saat ini masih terjadi di dunia tidak bisa dipandang sebelah mata.

Di Amerika Serikat, analisis terbaru dari American Academy of Pediatrics dan Children's Hospital Association awal pekan ini menunjukkan bahwa ada peningkatan tajam kasus Covid-19 di antara anak-anak di Amerika Serikat dalam empak pekan terakhir.

Tidak tanggung-tanggung, peningkatan tersebut mencapai 90 persen.

Wakil ketua American Academy of Pediatrics Committee on Infectious Diseases, Dr Sean O'Leary menjelaskan bahwa kasus virus corona pada anak-anak harus ditanggapi dengan serius.

"Tidak adil untuk mengatakan bahwa virus ini sepenuhnya jinak pada anak-anak," kata O'Leary.

"Kami telah mengalami 90 kematian pada anak-anak di Amerika Serikat, hanya dalam beberapa bulan. Setiap tahun kami mengkhawatirkan influenza pada anak-anak, dan ada sekitar 100 kematian pada anak-anak akibat influenza setiap tahun," jelasnya.

Leary menambahkan bahwa banyak faktor telah menyebabkan peningkatan jumlah infeksi virus corona pada anak-anak baru-baru ini dalam beberapa minggu terakhir, termasuk peningkatan pengujian, peningkatan pergerakan di antara anak-anak dan peningkatan infeksi di antara populasi umum.

"Ketika Anda melihat lebih banyak infeksi pada populasi umum, Anda akan melihat lebih banyak infeksi pada anak-anak," kata O'Leary, seperti dikabarkan CNN (Selasa, 11/8).

"Kita semua harus menanggapi virus ini dengan serius, termasuk merawat anak-anak kita," sambungnya.

Laporan yang sama menyebutkan bahwa ada 179.990 kasus Covid-19 baru di antara anak-anak Amerika Serikat antara 9 Juli dan 6 Agustus lalu.

Secara total, hingga 6 Agustus lalu, setidaknya 380.174 total kasus Covid-19 pada anak telah dilaporkan di negeri Paman Sam.

Sementara itu, menurut data dari negara bagian yang mencatat informasi tersebut, sampai saat ini, gejala yang parah masih jarang terjadi pada anak-anak dengan infeksi Covid-19. Anak-anak berada di antara 0,5 hingga 5,3 persen dari total rawat inap.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health