post image
KOMENTAR

Al Quran menjadi pedoman hidup umat Islam. Di dalamnya tak sekadar mengatur soal ibadah, terdapat pula penjelasan obat alami yang bisa diandalkan.

Beberapa makanan yang tercatat sebagai obat alami dalam Al Quran antara lain madu, susu kambing dan juga minyak zaitun. Jika dikonsumsi terus menerus pun tidak akan memberi dampak negatif, justru tubuh jadi sehat dan bugar.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut makanan yang tercatat dalam Al Quran dan bisa jadi obat alami.

· Madu

Madu disebutkan dalam Al-Qur'an surat An-Nahl ayat 68-69, "Dan Tuhanmu mewahyukan (mengilhamkan) kepada lebah: Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu dan di tempat-tempat yang dibuat manusia (peternakan lebah).

Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan."

Berbagai penelitian juga mendukung bukti kalau madu jadi salah satu obat alami untuk mengobati luka pada kulit, menghaluskan kulit, sebagai obat jerawat hingga mengandung antioksidan yang ampuh melawan radikal bebas penyebab berbagai penyakit. Madu juga dipercaya bisa mencegah kolesterol dan mengobati asma. Madu bisa jadi makanan yang dikonsumsi setiap hari untuk menjaga stamina dan kebugaran tubuh.

· Susu kambing

Allah telah berfirman dalam surat Al-Mu'minun ayat 21, "Dan sesungguhnya pada binatang-binatang ternak, benar-benar terdapat pelajaran yang penting bagimu, Kami memberi minum kamu dari air susu yang ada dalam perutnya, dan (juga) pada binatang-binatang ternak itu terdapat faedah yang banyak untuk kamu, dan sebagian daripadanya kamu makan."

Dari sini disebutkan kalau susu kambing mengandung berbagai khasiat untuk kesehatan. Susu kambing juga mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan tubuh. Susu kambing juga terbukti mampu membantu penyembuhan saluran pencernaan yang baik untuk bayi maupun orang dewasa.

· Jahe

Dalam Al Quran, jahe disebutkan dalam surah Al- Insan ayat 17 yang berbunyi "Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe."

Dikutip dari Buku Pintar Sains dalam Alquran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah, karya Dr. Nadiah Thayyarah, disebutkan bahwa Ibnu Masawih menyatakan, jahe berguna untuk mengobati gangguan hati akibat cuaca panas ataupun dingin, mampu meningkatkan vitalitas pria, dan mengobati gastritis pada lambung dan usus. Jahe juga menjaga daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.


· Buah delima

Delima termasuk salah satu buah yang tercatat dalam Al Quran. Buah ini punya rasa enak serta mengadung sejuta khasiat kesehatan.

"Di dalam keduanya (ada macam-macam) buah-buahan dan kurma serta delima. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?," (QS.Ar Rahman 68-69).

Delima termasuk tumbuhan purba kala dan memiliki berbagai keistimewaan dan manfaat. Contohnya, para Firaun Mesir Kuno telah memanfaatkan delima sebagai obat. Dijelaskan juga buah delima berkhasiat sebagai obat untuk berbagai masalah pencernaan, melancarkan saluran air seni serta mencegah muntah dan mual.

 · Minyak zaitun

Seperti tercatat dalam firman Allah di surat Al-An'aam ayat 99, "Dan Dia-lah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan. Maka Kami keluarkan tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau.

Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak, dari mayang kurma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tak serupa.

Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.".

Dari sini bisa disimpulkan kalau minyak dan buah zaitun termasuk makanan yang diberkahi Allah. Minyak zaitun ternyata juga memiliki khasiat sebagai obat dari penyakit jantung koroner, mengontrol kolesterol darah, kenaikan tekanan darah, serta penyakit diabetes dan obesitas.(F)

 

Close X

Tak Hanya Sesak, Ini Gejala Khusus Ketika Ananda Terinfeksi Covid-19

Sebelumnya

Sukses Turunkan BB Hingga 23 Kg Dalam 3 Bulan, Yuk Intip Diet Ala Rina Gunawan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah Health