Kayu manis mengandung antioksidan yang baik bagi tubuh/Net
Kayu manis mengandung antioksidan yang baik bagi tubuh/Net
KOMENTAR

DIABETES merupakan penyakit yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Penyakit ini ditandai oleh tingginya gula darah.

Jika tidak terkontrol dengan baik, kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi seperti penyakit jantung, penyakit ginjal dan kerusakan saraf.

Karena itulah, ada baiknya jika melakukan pencegahan sedini mungkin. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi kayu manis.

Kayu manis yang biasanya digunakan dalam bumbu dapur itu ternyata menyimpan banyak manfaat dan khasiat, termasuk untuk menurunkan gula darah dan mengelola diabetes.

Untuk diketahui, kayu manis itu sendiri adalah rempah aromatik yang berasal dari kulit beberapa jenis pohon Cinnamomum. Kayu manis sebenarnya telah digunakan selama ribuan tahun dalam pengobatan tradisional dan pengawetan makanan.

Orang Mesir kuno menggunakan kayu manis sebagai parfum selama proses pembalseman, sementara orang Romawi menggunakannya dalam pembakaran kayu untuk menutupi bau daging yang terbakar.

Kayu manis sebenarnya tidak mengandung banyak vitamin atau mineral. Namun kayu manis mengandung antioksidan yang memberikan banyak manfaat kesehatan.

Melansir healthline.com, sekelompok ilmuwan pernah membandingkan kandungan antioksidan dalam sejumlah rempah. Mereka menemukan bahwa di antara rempah lainnya, kayu manis memiliki jumlah antioksidan tertinggi kedua setelah cengkeh.

Antioksidan mampu membantu tubuh mengurangi stres oksidatif, atau sejenis kerusakan sel, yang disebabkan oleh radikal bebas.

Penelitian lainnya menunjukkan bahwa mengonsumsi 500 mg ekstrak kayu manis setiap hari selama 12 minggu mampu menurunkan penanda stres oksidatif sebesar 14 persen pada orang dewasa dengan pradiabetes.

Hal ini penting, karena stres oksidatif telah terlibat dalam perkembangan hampir setiap penyakit kronis, termasuk diabetes tipe 2.

Bukan hanya itu, kayu manis juga mampu meniru efek insulin. Diketahui bahwa pada mereka yang menderita diabetes, pankreas tidak dapat memproduksi cukup insulin atau sel-sel tidak merespon insulin dengan benar. Kondisi ini menyebabkan kadar gula darah tinggi.

Kayu manis dapat membantu menurunkan gula darah dan melawan diabetes dengan meniru efek insulin dan meningkatkan transpor glukosa ke dalam sel.

Selain itu, kayu manis juga dapat membantu menurunkan gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin, membuat insulin lebih efisien dalam memindahkan glukosa ke dalam sel.




Kenali Arthritis alias Radang Sendi, Cegah dengan 4 Langkah Ini

Sebelumnya

5 Cara Cegah Sakit Saat Suhu Panas Melanda Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health