post image
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

TULANG merupakan salah satu bangian tubuh yang sangat penting. Karena ketika mengalami gangguan atau bahkan patah pada tulang, maka itu akan menjadi masalah besar. Pasalnya, tulang membutuhkan waktu cukup lama untuk bisa sembuh, bahkan pada anak-anak.

Karena itulah penting bagi orangtua untuk memastikan anak tumbuh dengan tulang yang kuat dan sehat. Pasalnya, kepadatan tulang dibangun sejak kecil hingga masa remaja.

Proses pembentukan tulang sebagian besar selesai sekitar usia 20 tahun.

Orang dewasa masih bisa mengganti tulang lama dengan tulang baru, tetapi lebih lambat. Bahkan seiring berjalannya waktu, kondisi tulang manusia juga cenderung melemah.

Maka dari itu, sebelum terlambat, sebaiknya perhatikan pertumbuhan tulang buah hati Anda sedini mungkin.

Anak-anak dengan tulang yang kuat memiliki peluang lebih baik untuk menghindari kelemahan tulang di kemudian hari.

Sebagai orang tua, Anda dapat membantu dengan memastikan anak-anak mendapatkan tiga bahan utama untuk tulang sehat, yakni kalsium, vitamin D, dan olahraga.

Berikut tiga cara tepat yang bisa membantu pertumbuhan tulang yang sehat pada anak-anak, melansir kidshealth.org:

1. Beri Anak Makanan Tinggi Kalsium

Kalsium adalah mineral yang dikenal untuk membangun tulang yang sehat. Kalsium dapat ditemukan dalam produk susu, kacang-kacangan, beberapa kacang-kacangan dan biji-bijian, dan sayuran hijau berdaun. Tapi kalsium juga sering ditambahkan ke makanan seperti jus jeruk atau sereal.

Sebagai orang tua, Anda bisa membantu mendorong anak untuk makan makanan tinggi kalsium.

Jika anak Anda makan susu, dokter atau ahli gizi Anda dapat memberi tahu Anda berapa banyak untuk disajikan berdasarkan usia. Anak-anak yang lebih muda mungkin membutuhkan 2-3 porsi susu rendah lemak setiap hari, sementara anak-anak yang lebih besar mungkin membutuhkan 4 porsi.
   
Selain itu, carilah variasi makanan umum dengan versi kalsium tinggi. Belilah mentega almond sebagai pengganti selai kacang atau jus jeruk yang diperkaya kalsium, bukan jus biasa.

2. Berikan Anak-anak Suplemen Vitamin D

Vitamin D (kadang-kadang diberi label vitamin D3) membantu tubuh menyerap kalsium. Tetapi kebanyakan anak-anak tidak makan banyak makanan yang mengandung vitamin D.

Karena vitamin D sangat penting, penyedia layanan kesehatan merekomendasikan semua anak mengambil suplemen vitamin D jika mereka tidak mendapatkan cukup dalam makanan mereka.

Bahkan bayi perlu mengonsumsi vitamin D kecuali mereka minum setidaknya 32 ons susu formula per hari.

Sebagai orang tua, Anda bisa memulai dengan bertanya kepada dokter, praktisi perawat, asisten dokter, atau ahli gizi soal berapa banyak vitamin D yang dibutuhkan anak Anda dan cara terbaik untuk mendapatkannya.

3. Dorong Anak Berolahraga

Otot-otot kita menjadi semakin kuat saat kita menggunakannya. Hal yang sama berlaku untuk tulang.

Kegiatan menahan beban seperti berjalan, berlari, melompat, dan memanjat sangat baik untuk membangun tulang. Keciatan tersebut menggunakan kekuatan otot dan gravitasi kita untuk memberi tekanan pada tulang kita. Tekanan itu membuat tubuh membangun tulang yang lebih kuat.

Kegiatan seperti mengendarai sepeda dan berenang tidak menciptakan tekanan yang menahan beban ini. Kegiatan itu bagus untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, tetapi anak-anak juga perlu melakukan semacam latihan menahan beban.

Sebagai orang tua, Anda bisa membantu anak Anda dengan cara memastikan mereka mendapatkan setidaknya satu jam aktivitas fisik setiap hari, termasuk latihan menahan beban. (F)

Close X

Bocah 7 Tahun Jadi Korban Meninggal Termuda Akibat Covid-19 Di Georgia

Sebelumnya

Cerdas Menggunakan Obat Dengan Prinsip 'Dagusibu'

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Farah Health