post image
Ilustrasi vaksin Covid-19/Net
KOMENTAR

PERUSAHAAN biofarmasi asal China, Sinovac Biotech membawa angin segar dalam upaya penemuan vaksin virus corona atau Covid-19.

Perusahaan itu saat ini sedang memulai ujicoba Fase III dari kandidat potensial vaksin virus corona di Brasil.

Hal ini menjadikan perusahaan itu menjadi satu di antara tiga perusahaan di dunia yang bergerak ke tahap akhir dalam perlombaan untuk menemukan vaksin yang ideal.

Ujicoba Fase III dilakukan awal pekan ini setelah mengantongi persetujuan jalur cepat untuk uji coba oleh regulator Brasil pekan lalu.

Pihak Sinovac dalam sebuah pernyataan menyebut bahwa penelitian itu, yang akan dilakukan dalam kemitraan dengan produsen vaksin Brasil, Instituto Butantan. Selain itu, penelitian akan membuat perekrutan hampir 9.000 profesional kesehatan yang bekerja di fasilitas khusus Covid-19 mulai bulan ini.

Dikabarkan Al Jazeera, Sinovac sendiri mulai mengembangkan kandidatnya untuk mendapatkan vaksin pada akhir Januari lalu dan sedang mempersiapkan pabrik vaksin virus corona, yang diperkirakan akan siap tahun ini dan mampu membuat hingga 100 juta vaksin dalam setahun.

Untuk diketahui, ujicoba Fase I dan Fase II biasanya menguji keamanan suatu obat sebelum memasuki uji coba Fase III yang akan menguji kemanjurannya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan ada 19 uji coba vaksin dalam evaluasi klinis dan ratusan lainnya sedang dikembangkan dan diuji di seluruh dunia untuk menghentikan pandemi Covid-19.

Namun sejauh ini, belum ada vaksin Covid-19 yang disetujui untuk penggunaan komersial. (F)

Close X

Jika Lulus Tes, Vaksin Tiongkok Siap Diproduksi 2021

Sebelumnya

Ayah Tahu Tidak? Memeluk Bunda Bisa Memperpanjang Usia, Loh

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Farah Health