post image
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

PLANT-BASED diet menjadi banyak dilirik beberapa waktu terakhir, terutama pasca pandemi virus corona atau Covid-19.

Tidak sedikit orang yang mulai memilih dan mencari tahu lebih dalam soal makanan apa yang mereka konsumsi, darimana sumbernya dan apa saja manfaatnya bagi tubuh. Tujuannya tidak lain adalah untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama di tengah pandemi.

Secara sederhana, plant-based diet adalah pola makan yang berfokus pada makanan yang bersumber dari tanaman. Bukan hanya buah-buahan dan sayur-sayuran, tapi juga kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak.

Ada beberapa jenis plant-based diet yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Namun satu yang terpenting, semua jenis plant-based diet menekankan proporsi makanan berbasis tanaman, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan minyak sehat seperti minyak zaitun.

Mengubah pola makan menjadi plant-based diet bukan merupakan hal yang mudah bagia sebagian orang. Meski begitu, tidak ada salahnya untuk mencoba.

Melansir situs resmi <i>health.harvard.edu</i>, berikut delapan tips yang bisa dicoba untuk membantu Anda memulai plant-based diet:

1. Isi setengah piring dengan sayuran

Cobalah dengan memulai mengisi piring Anda dengan sayuran dengan porsi setengah piring setiap makan siang dan makan malam. Pastikan Anda memasukkan banyak warna dalam piring Anda dengan cara memilih beraneka ragam sayuran.

2. Ubah cara Anda berpikir tentang daging

Jika Anda sulit untuk tidak mengkonsumsi daging sama sekali, tidak masalah untuk memulai plant-based diet. Namun Anda perlu memastikan bahwa Anda hanya mengkonsumsi daging dalam porsi yang kecil. Gunakan daging sebagai lauk tambahan dan bukan lauk utama di piring Anda.

3. Pilih lemak yang baik

Lemak dalam minyak zaitun, mentega kacang dan kacang-kacangan, biji-bijian, serta alpukat adalah pilihan yang sangat sehat untuk dikonsumsi.

Karena itu, penting untuk memasukkan mereka ke atas piring Anda.

4. Masak makanan vegetarian setidaknya satu malam dalam seminggu

Vegetarian adalah pola makan yang hanya mengkonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan serta sejumlah produk hewani, seperti telur dan susu, namun tidak mengkonsumsi daging, ikan atau makanan laut.

Tidak ada salahnya untuk mencoba memasak makanan begetarian setidaknya satu malam dalam seminggu. Kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran bisa menjadi pilihan yang tepat.

5. Masukkan Sereal atau gandum utuh untuk sarapan

Anda bisa mulai dengan mencoba mengkonsumsi oatmeal, kemudian tambahkan beberapa kacang atau biji bersama dengan buah segar.

6. Coba berbagai sayuran berwarna hijau

Cobalah berbagai sayuran berwarna hijau seperti kangkung, sawi, lobak, bayam, dan sayuran hijau lainnya setiap hari.

Anda juga bisa mencoba berabagi metode masak untuk mengolah sayuran tersebut agar tidak bosan, seperti kukus, bakar, rebus atau tumis  untuk mempertahankan rasa dan nutrisinya.

Namun bukan berarti Anda tidak boleh mencoba sayuran lain selain warna hijau. Penting juga untuk memastikan konsumsi sayuran berwarna lainnya setiap hari.

7. Mencoba salad

Anda bisa mencoba mengisi mangkuk Anda dengan Salad sayuran hijau atau sayur lainnya bersama dengan bumbu segar dan kacang polong atau tahu.

Close X

Jika Lulus Tes, Vaksin Tiongkok Siap Diproduksi 2021

Sebelumnya

Ayah Tahu Tidak? Memeluk Bunda Bisa Memperpanjang Usia, Loh

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah Health