Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

MALAYSIA semakin memperketat langkah Perintah Kontrol Gerakan (MCO) demi mengerem penularan virus corona atau Covid-19.

Menteri Senior Ismail Sabri Yakoob, Senin (13/4) awal pekan ini mengumumkan, salon rambut, tukang cukur dan dokter mata di negeri jiran tidak lagi diizinkan beroperasi selama periode perpanjangan masa MCO.

Selain itu, gelaran bazaar yang biasa dilakukan selama bulan ramadhan juga dilarang.

Langkah ini diambil di tengah kekhawatiran masyarakat bahwa jika membiarkan bisnis dan kegiatan itu berjalan, maka upaya mengerem penularan virus corona bisa terhambat.

"Pemerintah telah mendengarkan pandangan rakyat. Pemerintah juga meminta saran dari para ahli dan organisasi non-pemerintah mengenai masalah ini," kata Ismail, seperti dimuat Channel News Asia.

"Karena itu, Perdana Menteri Tan Sri Muhyiddin Yassin telah memutuskan bahwa salon rambut, salon kecantikan, toko optik di seluruh negara tidak diizinkan beroperasi selama periode MCO. Hal yang sama berlaku untuk pasar-pasar Ramadhan," tambahnya.

Fase pertama MCO, diimplementasikan untuk memutus rantai infeksi COVID-19, dijadwalkan berakhir pada 31 Maret lalu, tetapi kemudian diperpanjang hingga 14 April lalu.

Di bawah MCO, sekolah dan bisnis yang tidak penting ditutup. Warga juuga didesak untuk tinggal di rumah untuk meminimalkan interaksi sosial. Di waktu bersamaan, otoritas kesehatan bergegas melawan waktu untuk menahan penyebaran virus.




Jemaah Haji Indonesia Mulai Berangkat ke Tanah Suci pada 12 Mei

Sebelumnya

Menlu Retno Marsudi: Indonesia dan China Sepakat Dukung Penyelesaian Konflik yang Adil untuk Palestina Melalui Two-State Solution

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News