Penyemprotan disifektan di kebun binatang Kamala Nehru Zoological Garden/AFP
Penyemprotan disifektan di kebun binatang Kamala Nehru Zoological Garden/AFP
KOMENTAR

PANDEMI virus corona yang saat ini menjadi masalah global menjadi musuh bersama hampir semua negara dan wilayah di dunia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengimbau bahwa salah satu cara terbaik mencegah penularan virus corona adalah dengan menjaga jarak sosial.

Hal tersebut kini dilakukan bukan hanya antar sesama manusia, tapi juga dengan hewan atau satwa.

Setidaknya hal itu yang dilakukan oleh para penjaga di kebun binatang ternama di India, yakni Kamala Nehru Zoological Garden.

Para penjaga di kebun binatang di negara bagian Gujarat tersebut menjaga jarak dengan para satwa dengan cara menempatkan mereka di sel isolasi.

Langkah itu diambil sebagai pencegahan setelah muncul kasus seekor harimau di Amerika Serikat terinfeksi virus corona.

"Kami telah memutuskan untuk mengisolasi mereka untuk menghindari segala jenis infeksi," kata pengawas di kebun binatang tersebut, Bharatsinh Vihol.

"Juga, karena kami telah menjalankan program pemuliaan yang direncanakan di sini, telah diputuskan untuk membatasi kawin di antara pasangan," sambungnya, seperti dimuat AFP awal pekan ini.

Bukan hanya itu dokter hewan juga secara teratur memeriksa singa, harimau, dan macan tutul di fasilitas itu untuk mengidentifikasi sejak dini jika ada satwa yang memiliki gejala infeksi virus corona.

Para petugas kebun binatang yang merawat binatang juga kini diharuskan mengenakan masker dan sarung tangan khusus.

"Kami telah membersihkan dinding luar kebun binatang setiap hari, sementara setiap kandang disanitasi setiap hari," tambah Vihol.

Kebun binatang biasanya menarik dua juta pengunjung per tahun tetapi ditutup akibat lockdown yang dilakukan oleh pemerintah India sejak pertengahan bulan lalu.

Sebelumnya, seekor harimau di Kebun Binatang Bronx New York dinyatakan positif terinveksi virus corona pekan lalu. Dia diyakini tertular oleh penjaga kebun binatang yang mengurusnya.




Protes 28 Pegawai Berujung Pemecatan: Desak Google Putuskan Kontrak Kerja Sama dengan Israel

Sebelumnya

Israel Luncurkan Serangan Balasan, Iran: Isfahan Baik-Baik Saja

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News