Nuri Auger/ Net
Nuri Auger/ Net
KOMENTAR

KEBAYA Indonesia kembali mendapat pengakuan dari dunia. Adalah salah satu negara bagian di Amerika Serikat, Maryland, yang mengakui kebaya Indonesia sebagai budaya rakyat yang layak dikembangkan.

Pemerintah negara bagian Maryland ingin menggerakkan ekonomi melalui warga. Karenanya mereka melirik pengusaha kecil dari berbagai latar belakang, lantaran dianggap bagian penting dari upaya ini.

"Dewan seni dibentuk sebagai bagian dari Departemen Perdagangan Maryland yang merupakan kantor pengembangan ekonomi kami. Jadi kami selalu tertarik dengan seniman yang juga bekerja sebagai pengusaha, serta dalam prakteknya mereka bekerja pada usaha kecil dan meningkatkan kinerja mereka dengan cara-cara demikian," kata pakar kerakyatan Dewan Kesenian dan Departemen Perdagangan Maryland, Chad Buterbaugh, seperti dikutip dari VoA Indonesia.

Dan disebutlah Nuri Auger, perempuan paruh baya asal Padang, Sumatera Barat. Dia sudah hampir tiga dekade menetap di sana dan menjadi penduduk Kota Baltimore. Ia sendiri tidak pernah membayangkan, kebaya yang dijahitnya menarik minat Dewan Kesenian dan Departemen Perdagangan Maryland.

"Seperti anugerah, orang Amerika kok mau kasih uang kebaya. Anugerah sekali. Anak-anak dan suami juga sangat bangga. Tidak banyak yang bisa saya berikan untuk kampung halaman, Indonesia, kecuali memperkenalkannya melalui kebaya," ujar Nuri.

Ia mendapat hibah program Folklife Apprenticeship, program hibah pendidikan yang mendanai aktivitas pelatihan seorang pakar.

"Untuk memastikan suatu tradisi budaya diteruskan dari satu generasi ke generasi berikutnya," ucap Chad Buterbaugh.

Nuri mengajarkan keahliannya menjahit kebaya kepada Stacy Stube, perancang muda Amerika keturunan Indonesia, yang berupaya mempertahankan bagian dari jati dirinya dengan memahami dan mengembangkan negara kelahirannya lewat bidang yang diminati.

"Saya ikut sekolah Futura di Sarinah. Guru-guru saya Gea Sukasah, Prayudi, Itang Yunasz dan banyak lagi  saya bangga sekali ada wanita yang setengah Indonesia dan ingin tahu tentang kebaya, di situ saya pikir saya punya ilmu," ujar Nuri.




Panduan Urutan Skincare Malam yang Efektif: Memaksimalkan Perawatan Kulit saat Beristirahat

Sebelumnya

Dian Pelangi, Sumber Inspirasi Outfit Elegan dan Memukau untuk Lebaran

Berikutnya

KOMENTAR ANDA