Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

JIKA Anda menemukan ruam merah pada kulit yang menimbulkan rasa gatal yang sangat, waspada. Bisa jadi itu bukan sekadar gatal karena debu atau gigitan serangga.

Ruam merah yang gatal itu bisa jadi adalah eksim. Eksim tersebut bisa berair atau disebut eksim basah, atau bisa juga eksim kering.

Eksim dikenal dengan istilah medis eczema. Kondisi peradangan pada kulit yang disebabkan oleh berbagai faktor.

Eksim kering sering kali merujuk pada dermatitis atopik. Sedangkan eksim basah bisa diartikan sebagai peradangan pada kulit yang disebabkan oleh berbagai faktor yang ditandai dengan ruam merah pada kulit yang terlihat basah atau berair.

Penyebab eksim disebabkan oleh infeksi jamur, bakteri, atau virus, hingga alergi. Goresan atau menggaruk kulit yang dapat menyebabkan luka dan infeksi bisa juga menjadi pemicu munculnya eksim ini. Tungau, debu dan serbuk sari, keringat, perubahan panas dan kelembapan, pelarut, pembersih, sabun dan deterjen, juga pakaian dan wol.

Eksim basah umumnya bersifat akut sedangkan eksim kering lebih sering bersifat kronis. Eksim basah yang tidak kunjung sembuh dalam waktu lama juga bisa berubah menjadi eksim kering yang bersifat kronis. Begitu juga dengan eksim kering yang mungkin berubah menajdi eksim basah jika terkena infeksi sekunder akibat bakteri maupun penyebab lainnya.

Gejala munculnya eksim adalah timbulnya rasa gatal yang dapat menjadi parah terutama di malam hari, kemerahan pada kulit dapat disertai bercak abu-abu kecokelatan, terutama di tangan, kaki, pergelangan kaki, pergelangan tangan, leher, dada bagian atas, kelopak mata, di dalam lekuk siku dan lutut, wajah, dan kulit kepala. Ditandai dengan kulit menebal, pecah-pecah, kering, bersisik, atau malah berair dan basah. Dalam beberapa kasus eksim sulit sembuh dan membutuhkan perawatan yang panjang.

Penangan pertama, segera minum obat alergi. Obat ini menyebabkan kantuk sehingga Abda terhindar dari rasa gatal yang biasanya muncul malam hari. Lalu gunakan krim anti gatal dan anti radang pada area yang terjangkit eksim. Lalu segeralah ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.




Lebih Dekat dengan Ariel Noah Bersama Indomilk Steril "Click to get Riil!"

Sebelumnya

Terbangun Tengah Malam Karena Kaki Kram, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health