Spongebob/Net
Spongebob/Net
KOMENTAR

APAKAH Anda termasuk salah satu penggemar film kartun Spongebob? Film kartun karya Stephen Hillenburg itu memang banyak mendapat perhatian karena ceritanya yang lucu dan menghibur.

Lalu bagaimana awal mula terciptanya film ini?

Setelah lulus dari jurusan Biologi Laut dan jurusan tambahan di bidang seni, Stephen Hillenburg bergabung dengan Ocean Institute, sebuah organisasi edukasi lautan di California. Kecintaannya terhadap lautan itulah yang menimbulkan inspirasi untuk membuat karakter animasi laut.

Melansir dailydolphin, awalnya ia membuat komik berjudul The Intertidal Zone yang digunakan untuk mengajarkan pengunjung di institut tentang kehidupan hewan di air pasang surut. Komik tersebut berisikan karakter-karakter dari bentuk kehidupan laut yang selanjutnya berevolusi menjadi karakter yang ada di Spongebob Squarepants.

Karakter utama yang diinginkan Stephen Hillenburg awalnya dari salah satu makhluk laut teraneh. Terpikirkanlah sebuah spons laut. Dari situ, Hillenburg mengembangkan lagi karakter si spons tersebut menjadi spons dapur dan diberi nama Spongeboy. Belakangan Stephen mengubah nama Spongeboy menjadi Spongebob karena ia ingin karakter tersebut tetap memiliki nama “Sponge” supaya penonton tidak menyalah artikan bentuknya sebagai manusia keju.

Untuk Bikini Bottom, sebenarnya memang sungguh nyata. Terletak di Samudra Pasifik, Bikini Bottom diambil dari nama Bikini Atoll. Bikini Atoll sendiri adalah kawasan yang dulunya dipakai untuk mengetes 23 bom nuklir AS selama perang dingin. Itulah mengapa, di film Spongebob, Bikini Bottom terdiri dari rumah-rumah yang berbentuk mirip kaleng bekas. Bentuk bangunan tersebut rupanya tercipta dari ledakan bom nuklir di Bikini Atoll yang sangat besar yang menyebarkan puing-puing di lautan.

Waah, keren juga ya idenya Stephen.




Tujuh Rekomendasi Drama Korea di Bulan Ini: Dari Genre Komedi hingga Supernatural

Sebelumnya

Film Dokumenter “Harta Tahta Raisa” Siap Tayang 6 Juni 2024: Kisah Komitmen dan Kerja Keras Raisa Andriana yang Menginspirasi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Entertainment