KOMENTAR

PENYAKIT toksoplasma yang timbul akibat parasite dari hewan berdaran panas seperti kucing, anjing, sapi, kambing, kelinci, serta babi, dapat menyerang siapa saja, utamanya para pemilik dan penggemar binatang-binatang tersebut. Tak terkecuali ibu hamil yang memiliki risiko keguguran ataupun cacat permanen pada jabang bayi.

Risiko terkena penyakit ini pada ibu hamil sangat besar. Apalagi jika si ibu sering bersentuhan dengan kotoran kucing atau hewan peliharaan, gemar makan sayuran mentah, mengonsumsi buah tanpa dicuci, makan daging setengah matang, atau berkebun di tanah dengan kotoran hewan.

Menurut Center for Disease Cintrol and Prevention (CDC), sebagian besar bayi yang terinfeksi tidak memiliki gejala saat lahir, tetapi dapat mengalami gejala serius di kemudian hari, seperti kebutaan atau cacat mental.

Kadang bayi yang terinfeksi juga mengalami gangguan penglihatan atau kelainan otak seperti hidrosefalus. Efek lainnya adalah gangguan dalam belajar serta masalah pendengaran.

Karenanya, CDC menyarankan wanita menjalani tes toksoplasma sebelum merencanakan kehamila. Termasuk, memantau perkembangan janin selama kehamilan. Sebab pada umumnya, tidak ditemukan gejala tertentu pada ibu hamil penderita tokso sampai akhirnya diketahui saat menjalani tes darah rutin selama kehamilan.

Berikut beberapa gejala yang mungkin timbul akibat infeksi parasite ini.

  1. Demam tinggi antara 38-39 derajat dan berlangsung lama. Demam merupakan alarm bagi tubuh saat terinfeksi bakteri, virus, maupun parasite. Tidak hanya toksoplasma, demam bisa menjadi gejala umum dari penyakit lainnya, seperti flu. Walaupun demam umumnya tidak berbahaya, namun ibu hamil wajib waspada. Sebab demam tinggi dapat berisiko terhadap janin, terutama di trimester pertama. Makanya, obat demam tidak boleh sembarang dikonsumsi, kecuali atas rekomendasi dokter.
  2. Lelah. Kondisi ini bisa menjadi pertanda bahwa tubuh sedang melawan infeksi. Rasa lelah akibat infeksi biasanya timbul walau ibu hamil sedang tidak beraktivitas berat. Kelelahan akibat toksoplasma umumnya diikuti dengan demam, sakit kepala, dan radang tenggorokan.
  3. Beberapa ibu hamil penderita toksoplasma biasanya mengalami gangguan penglihatan, seperti mata berkunang-kunang atau ada awan yang mengganggu.

Apabila mama mengalami gejala-gejala di atas secara berbarengan, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Sebab toksoplasma tidak memiliki gejala khas. Satu-satunya yang bisa mendeteksi keberadaan virus tersebut adalah dengan melakukan tes darah.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health