KOMENTAR

BANYAK sekali penderita autisme yang ternyata bisa menorehkan prestasinya.

Rachel Barcellona, gadis dengan autisme, dan seorang junior di University of South Florida, menjadi kontestan pertama yang memiliki autisme. Ia berkompetisi pada 25 Juni memperebutkan mahkota di Lakeland. Rachel bekerja keras dan berusaha memecahkan rintangan dan stereotip di kontes kecantikan.

Ia pun mencetak sejarah sebagai wanita pertama pengidap autisme yang ikut di ajang Miss Florida. Mengutip Fox13, Rachel baru berusia tiga tahun ketika orangtua-nya mengetahui ia didiagnosis berada di spektrum autisme.

"Mereka dengan jelas mengatakan, 'dia (Rachel) tidak akan pernah punya teman, dia tidak akan berati apa-apa'," kenang Rachel. “Tapi, ibuku berkata itu tidak benar!," imbuhnya.

Rachel kini menjadi pembicara publik untuk memotivasi teman-teman sesama penderita autisme. Ia juga punya kelebihan lain sebagai penyanyi opera. "Aku tidak ingin menjadi korban. Menikmati hidupku ini dan aku berpegang teguh pada itu," katanya.

Mengutip situs Narcity, Miss Manatee River 2019 ini juga menambahkan bahwa mengikuti kontes kecantikan telah membantunya dengan keterampilan sosial, sesuatu yang bisa menjadi tantangan bagi mereka yang menderita autisme.

Sederet prestasi pun telah diraihnya. Seperti menyanyi lagu kebangsaan pada acara Amalie Arena 2019 sebelum pertandingan Tampa Bay Lightning. Penampilannya memukau penonton di sana. Pada bulan April, ia mendapat kesempatan untuk memberikan pidato di PBB untuk Hari Autisme Sedunia. 

"Kami telah dibebani dengan stigma buruk ini bahwa orang-orang autis yang sangat cerdas, mereka jenius, atau mereka bodoh, mereka terobsesi. Penggambaran itu tidak menunjukkan kenyataan," ujarnya.




Yousra, Aktris Sekaligus Aktivis kemanusiaan Peraih Penghargaan Golden Tanit di Beirut International Women Film Festival 2024

Sebelumnya

Sekilas tentang Muslim Women Australia: Merajut Asa, Merangkul Keberagaman

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Women