KOMENTAR

MENGAPA nasi yang Anda masak menjadi cepat basi? Terutama bagi Anda yang memasak nasi dengan magiccom atau rice cooker, nasi akan menjadi cepat kuning, teksturnya menjadi kering dan keras, atau malah menjadi basi hanya dalam waktu kurang dari 9 jam.

Mungkin ini yang sering tak disadari, lubang pengeluaran uap atau steam outlet yang tak pernah Anda bersihkan. Terkadang, ada nasi yang tidak sengaja masuk ke steam outlet menyumbat lubang pengeluaran uap sehingga menghambat sirkulasi udara dari dalam ke luar penanak nasi. Uap air yang seharusnya keluar malah tertahan dan mengembun di bagian dalam tutup atas magic com. Hal itu sangat disukai bakteri serta mikroba lain yang ada di udara. Nasi pun menjadi berbau lalu mudah basi. Bersihkan juga penampung air yang mungil di sisi penanak nasi Anda.  Pastikan bahwa jenis magic com atau  rice cooker Anda berkualitas, dalam kondisi baik, dan benar-benar bersih.

Jenis beras juga bisa memengaruhi nasi menjadi cepat basi, terutama beras berjenis pulen yang lembut dan lebih lembab. Cuci bersih beras sebelum dimasak dan beri beberapa tetes air jeruk nipis ke dalam beras. .

Pastikan untuk tidak menyimpan nasi dalam waktu yang lama. Cabut colokan penanak nasi lalu membuka tutupnya sebentar untuk kemudian ditutup lagi dengan rapat. Lebih baik lagi memasak dalam takaran yang sesuai untuk sehari habis.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health