KOMENTAR

BERAWAL dari memproduksi komponen dan aksesoris untuk menyuplai merek-merek sepatu ternama seperti Nike, Reebok, dan Adidas, PT. SINERGI MITRA SEJAHTERA mampu melebarkan sayap menjadi produsen sepatu dan sandal, salah satunya brand Omiles. Farah.id bersama Komunitas Desainer Etnik Indonesia (KDEI) berkunjung ke pabrik pembuatan sandal Omiles yang terletak di Tangerang untuk mengetahui proses produksi alas kaki tersebut Rabu, (13/02/19).

Heman Winardja selaku Direktur Utama menceritakan bahwa Indonesia pernah menguasai setidaknya 27% produksi sepatu dunia pada awal 1990an. Menurutnya, produk Indonesia merupakan salah satu produk yang terbaik di dunia. “Berdasarkan pengalaman saya berkecimpung di bidang alas kaki, produk alas kaki buatan Indonesia merupakan salah satu yang best quality. Sayangnya, orang Indonesia tidak menyadari kekuatan tersebut.”

Salah satu permasalahan yang cukup krusial belum tumbuh suburnya kebanggaan mengenakan produk dalam negeri. Alhasil, belum ada merek lokal yang ‘disegani’ di negeri sendiri. Padahal, banyak produk alas kaki berkualitas buatan Indonesia yang diekspor dan diterima positif di pasar mancanegara. “Produk berkualitas harganya tentu tidak murah. Jika ada sepatu merek luar negeri dan merek dalam negeri dengan harga yang sama, orang Indonesia cenderung memilih produk luar,” ujar Heman lagi.

PERJALANAN OMILES

Dengan semangat menumbuhkan kecintaan terhadap produk lokal itulah, Omiles hadir di tengah masyarakat sejak dirintis 10 tahun lalu. Dalam waktu dekat, akan segera dilaunching seri baru yang diperuntukkan bagi para muslim dan muslimah aktif yaitu Omar dan Omera, serta sandal dengan disain etnik Indonesia.

Salah satu keuntungan yang dimiliki perusahaan ini adalah mereka memiliki kelengkapan bahan baku dan peralatan untuk membuat alas kaki. “Proses kerja kami lengkap. Kami membuat sendiri, mulai dari komponen, aksesoris, penyatuan komponen hingga menjadi sandal atau sepatu, sampai packing yang siap didistribusikan. Untuk sandal, ada bagian development yang mengembangkan model-model sandal. Kami sangat serius dalam mengembangkan produk kami. Quality control juga sangat kami perhatikan, karena semua itu merupakan modal kami untuk tetap eksis di dunia peralaskakian. Kalau kita bisa membuat produk yang lebih bagus, kenapa harus impor dari luar,” imbuh Heman.

Sementara Ketua KDEI Raizal Rais memberikan testimoni bahwa produk-produk Omiles itu sangat bagus, tidak kalah dengan produk dari luar negeri. Raizal memberi masukan untuk promosi yang lebih gencar untuk branding agar semakin banyak masyarakat Indonesia memakai Omiles.

Omiles saat ini sudah memiliki 13 distributor di seluruh Indonesia dan tersedia di toko-toko sepatu di berbagai daerah. Dengan menyasar pangsa pasar menengah ke bawah, Omiles menjadi produk bermutu tinggi dengan harga terjangkau oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Harga yang dibanderol berkisar di bawah 200 ribu. Dalam waktu dekat, Omiles akan memproduksi sandal bernuansa etnik Indonesia dan siap goes international.

 

 

PRODUKSI SATU ATAP

Untuk mengetahui proses pengerjaan sandal dan sepatu, Factory Manager Indra Yuda mengajak farah.id melihat suasana produksi. Satu pabrik menampung 600 pekerja yang mampu memproduksi 1,5 juta pasangan sandal per tahun. “Mudah-mudahan pabrik kami bisa menjadi nomor satu di kelasnya,” harap Indra.

Hartman Goenawan, salah satu Direktur mengatakan Omiles adalah sandal yang simple, elastis, dan nyaman. Sandal yang bisa dipakai seharian tanpa membuat kaki kelelahan. “Bahan baku pembuatan sandal kami berbeda dengan sandal yang ada di pasaran, sehingga dijamin awet dan tahan lama,” jelasnya.

Produk sandal Omiles mempunyai beberapa keunggulan seperti mempergunakan teknologi Long Term Comfortable-Upper (LTC) yang menghasilkan material upper yang lentur, tidak mudah berkerut, nyaman dan dapat digunakan dalam waktu lama. Omiles lightweight sole, merupakan varian outsole yang sangat ringan sehingga kaki tidak akan mudah merasa lelah meskipun digunakan seharian.

Ada pula Omiles soft foam insole, merupakan insole dengan struktur foam EVA pressed yang lembut namun ringan, kuat dan nyaman. Ergo Philon, merupakan insole berbahan dasar phylon, ringan, fleksibel, lembut, kuat, dan tahan lama, dibuat mengikuti bentuk dan kontur kaki, sehingga lebih nyaman dan tidak melelahkan meskipun digunakan beraktifitas seharian.

Dengan kapasitas pabrik yang mampu memproduksi masal, didukung oleh laboratorium pengujian produk milik sendiri, mempergunakan teknologi terbaik dalam pembuatan alas kaki, quality control yang ketat, serta sumber daya manusia yang kompeten di bidangnya, Omiles yakin akan menjadi pabrik alas kaki terbaik di Indonesia. Mari gunakan dan cintai produk-produk Indonesia!




Ramadan Runway 2024 Kota Kasablanka: Kemegahan dan Keberkahan di Hari Raya Idul Fitri

Sebelumnya

Indonesia Fashion Week 2024 Hadir di JCC, Targetkan Total Transaksi Rp60 Miliar

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel C&E