post image
KOMENTAR

INNALILLAHI wa innaillaihi rojiun … selamat jalan Ria Irawan, semoga engkau husnul khotimah dan diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT ….

Kabar duka ini menghantam dunia hiburan Indonesia. Salah satu putri bangsa terbaik kembali tutup usia akibat kanker yang diderita. Chandra Ariati Dewi Irawan, begitu nama aslinya, tutup usia tepat hari ini (6/1) sekitar pukul 04.00 WIB.

Lahir sebagai bungsu dari lima bersaudara pasangan Bambang Irawan (Alm) dan Ade Irawan ini sudah menjadi sorotan sejak usia kanak-kanak.

Pada usia 4 tahun, Ria menjadi figuran dalam film Sopir Taxi (1973). Kemudian ia mendapat peran lagi sebagai figuran di film Belas Kasih. Setelah itu, Ria juga bermain dalam film Fajar Menyingsing (1975) bersama Erwin Gutawa, Chicha (1976) bersama Chicha Koeswoyo, Siulan Rahasia (1977), Istriku Sayang Istriku Malang (1977), Nakalnya Anak-Anak (1980) hingga aktingnya yang membuat banyak orang terpikat pada film Kembang Kertas (1984).

Berkat perannya di film Bila Saatnya Tiba (1985), Ria meraih nominasi Festival Film Indonesia 1986 sebagai Aktris Pendukung Terbaik. Ria juga memenangkan Piala Citra lewat film yang juga dibintangi oleh Mathias Muchus dan Meriam Bellina, yakni Selamat Tinggal Jeanette (1987) sebagai Pemeran pendukung wanita Terbaik di FFI 1988. Di Festival Film Indonesia 2006 dirinya kembali mendapat nominasi Aktris Pendukung Terbaik lewat film Berbagi Suami (2006).


Ria kemudian merambah dunia tarik suara. Kesempatan rekaman datang untuk membuat album keroyokan bersama kelompok yang diberi nama Japras, yang terdiri dari, antara lain Ully Artha,Debby Cintia Dewi,Wieke Widowati,Rini S. Bono, Nurul Arifin, Ita Mustafa, Ani Kusuma, Eva Arnaz, dan Rima Melati. Album ini meledak dan laris di pasaran. 

Ria juga merekam dua album dangdut bersama Rano Karno, Hiasan Mimpi dan Sorga Dunia, serta album pop Setangkai Anggrek Bulan dan Di Antara Hatiku Hatimu. Ria juga pernah membentuk trio bersama Nurul Arifin dan Ita Mustafa.

Tak cukup menjadi penyanyi, Ria juga menjadi produser untuk albumnya yang berjudul Untuk Kamu bekerja sama dengan Deddy Dhukun. Ria kemudian membuat album duet dengan Melissa, penyanyi Malaysia.

Selain menyanyi, Ria juga menjajal profesi fotogafi dan penyutradaraan videoklip. Ria pernah menggarap klip Anggun C. Sasmi serta penyanyi lainnya. Kemampuan fotografi Ria meningkat setelah diarahkan oleh fotografer Ken Sanjaya dan Drigo L. Tobing.(F)

 

Intip Daftar Film Favorit Barack Obama Sepanjang Tahun 2019

Sebelumnya

Ini Daftar 10 Buku Paling Populer Selama Satu Dekade Terakhir, Tertarik Membaca?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA