post image
KOMENTAR

KBRI Budapest, yang beralamat di Wisma Duta Besar RI, menjadi tuan rumah peringatan HUT ASEAN ke-52,  Kamis (8/8).

Sejumlah Kepala Perwakilan negara-negara asing mitra ASEAN nampak hadir. Di antaranya Duta Besar Thailand, Duta Besar Filipina, Duta Besar Vietnam, serta Kuasa Usaha ad Interim Malaysia, juga para pengusaha dan jurnalis Hongaria.

Duta Besar RI untuk Hongaria, A.H. Dimas Wahab, dalam sambutannya menyebutkan bahwa meskipun dari 10 (sepuluh) negara ASEAN hanya terdapat 5 (lima) kedutaan negara ASEAN di Hungaria. Namun begitu, hubungan baik dan kerja sama satu dan lainnya terjalin dengan erat. 

Duta Besar Thailand untuk Hongaria, Mr. Jakkrit Srivali, menyampaikan bahwa sebagai pemegang keketuaan ASEAN tahun ini, Thailand mengapresiasi KBRI Budapest yang menjadi tuan rumah perayaan HUT ASEAN ke-52.

Dubes Thailand menyampaikan bahwa ASEAN sebagai suatu komunitas yang berpopulasikan lebih dari 600 juta jiwa merupakan suatu kendaraan bagi perdamaian, keamanan dan kesejahteraan anggotanya melalui melalui tema yang diusung Thailand dalam keketuannya yakni "Advancing Partnership for Sustainability". 

Deputi Sekretaris Negara dari Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Hongaria, Dr. Andras Baranyi, sebagai tamu kehormatan,  menyebutkan bahwa ASEAN merupakan mitra penting bagi Hongaria dengan nilai perdagangan mencapai 2,4 milyar Euro. Tidak hanya itu, komunitas masyarakat ASEAN di Hongaria juga cukup besar. 

Nampak beragam kuliner Indonesia memeriahkan acara ini. Dubes RI untuk Hongaria turut memperkenalkan beragam kuliner Indonesia di antaranya sate ayam, rendang daging, lontong, dadar gulung, es cendol dan wingko babat, serta kopi asli dari Jawa dan Sumatera yang menjadi daya tarik para tamu undangan. Beragam kuliner dari Thailand, Malaysia, Filipina dan Vietnam juga turut memeriahkan peringatan HUT ASEAN ke-52.(F)

Apple Dan Samsung Digugat Karena Radiasi Ponsel Berpotensi Picu Sel Kanker

Sebelumnya

Sepeda Pertama di Dunia Ternyata Tanpa Pedal

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News World