post image
KOMENTAR

MEMILIKI rambut sehat, indah, dan lebat merupakan dambaan setiap manusia. Namun, apa jadinya jika rambut yang sejatinya terus tumbuh, kian menipis dikarenakan kerontokan yang pada akhirnya dapat menimbulkan kebotakan. Ini merupakan hal yang sangat ditakuti sebagian besar orang, karena dapat menyebabkan turunnya tingkat kepercayaan diri dan memberi dampak cukup besar terhadap aspek sosial.

Pada umumnya, proses kebotakan membutuhkan waktu sekitar 15-25 tahun. Tahukah ladies, sebenarnya wanita juga berisiko tinggi mengalami kebotakan? 1/3 wanita mengalami kerontokan hingga kebotakan setelah menopause. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah kebotakan, salah satunya metode transplantasi rambut yang memerlukan biaya cukup besar. Transplantasi rambut dilakukan dengan cara memindahkan folikel rambut dari daerah kulit kepala dengan pertumbuhan aktif ke daerah kulit kepala yang mengalami penipisan atau kebotakan.

Well, jangan putus asa dulu. Masih banyak cara yang bisa kita lakukan di rumah untuk mengatasi kerontokan rambut dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita. Seperti dua macam contoh ramuan berikut ini.

Metode pertama:

  • Campur 2 sendok makan gel lidah buaya dengan 2 sendok makan minyak almond.
  • Oleskan ramuan ini merata ke seluruh kulit kepala, sambil dipijat perlahan selama 5-10 menit.
  • Diamkan selama 1 jam. Kemudian bilas menggunakan sampo lembut.
  • Lakukan perawatan ini seminggu sekali, dan lihat hasilnya hanya dalam beberapa minggu.

Lidah buaya mengandung proteolytic enzymes yang dapat mendorong pertumbuhan rambut, mencegah ketombe dan mengurangi rasa gatal di kulit kepala. Sementara, minyak almond kaya akan asam lemak omega-3, phospholipids, magnesium, vitamin E, D, B1, B6, dan A, yang sangat penting untuk kesehatan rambut. Minyak almond membantu pertumbuhan rambut lebih panjang, tebal, dan memperbaiki rambut rusak.

Metode kedua:

Gunakan castor oil atau minyak jarak. Selain untuk mengatasi kerontokan, minyak jarak juga berguna untuk mengatasi masalah rambut lainnya seperti infeksi kulit kepala dan ketombe. Minyak jarak akan meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut, sehingga rambut akan tumbuh lebih baik. Berikut cara pengaplikasian minyak jarak di rambut.

  • Panaskan minyak jarak. Selagi hangat-hangat kuku, oleskan di kulit kepala dan akar rambut. Lakukan gerakan memutar dengan jari anda sambil dipijat perlahan, agar minyak terserap dengan baik.
  • Bungkus rambut anda dengan shower cap. Diamkan selama 30 menit, 1 jam atau semalaman.
  • Bilas menggunakan sampo untuk menghilangkan seluruh minyak.
  • Lakukan perawatan ini seminggu sekali. Dalam satu bulan hasilnya akan segera terlihat.

Jika dirasa aroma minyak jarak terlalu mengganggu, ladies bisa mencampurnya dengan minyak biji anggur atau minyak zaitun. Selamat mencoba! (F)

Mom, Stop Gemuk!

Sebelumnya

Stress Pasca Pemilu

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health World