Ilustrasi minuman bersoda/Unsplash
Ilustrasi minuman bersoda/Unsplash
KOMENTAR

MINUMAN bersoda telah menjadi minuman favorit banyak orang, lebih khususnya anak muda dengan rasanya yang menyegarkan tubuh terutama saat cuaca panas. Apalagi saat ini tersedia banyak varian dan merek minuman bersoda yang menarik perhatian.

Soda dihasilkan dari air yang telah melalui proses karbonasi, yaitu pencampuran karbondioksida di bawah tekanan tinggi. Minuman bersoda umumnya mengandung air berkarbonasi dan pemanis buatan, serta sering kali ditambahkan pewarna, pemanis, pengawet dan berbagai bahan tambahan lainnya.

Dengan berbagai tambahan tersebut, tak heran bila minuman bersoda yang dikonsumsi secara berlebihan bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Karena itu, amat penting bagi kita untuk membatasinya.

Berikut ini 5 bahaya minuman soda yang mengintai kesehatan tubuh kita.

Penyebab Obesitas

Minuman bersoda bisa menyebabkan obesitas karena mengandung gula tambahan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan minuman manis biasa. Jika diminum terlalu sering, kandungan gula yang berlebihan ini dapat menyebabkan peningkatan berat badan yang signifikan dan akhirnya menyebabkan obesitas.

Risiko Diabetes

Konsumsi minuman bersoda berlebihan dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Kandungan gula yang tinggi dalam minuman bersoda memaksa pankreas memproduksi lebih banyak insulin untuk mengeluarkan glukosa dari aliran darah. Akibatnya, kadar insulin meningkat, yang dapat memicu resistensi insulin, kondisi ini lah membuat risiko diabetes tipe 2 meningkatkan.

Kerusakan Gigi

Asam dan gula dalam minuman bersoda dapat merusak lapisan enamel gigi. Hal ini memberikan makanan bagi bakteri di mulut, yang kemudian menghasilkan asam yang mengikis enamel gigi dan menyebabkan kerusakan gigi.

Pengeroposan Tulang

Risiko pengeroposan tulang dapat muncul  akibat minuman bersoda. Ada teori yang menyatakan bahwa asam fosfat yang digunakan untuk meningkatkan rasa pada beberapa minuman bersoda dapat mengganggu penyerapan kalsium. Akibatnya, kalsium dapat berkurang dari tulang. Kafein yang terkandung dalam minuman bersoda menurunkan jumlah kalsium yang disimpan tubuh.

Menimbulkan Risiko Penyakit Kronis

Kebiasaan mengonsumsi asupan gula berlebih pada soda meningkatkan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

Asupan gula yang tinggi secara tidak langsung meningkatkan risiko penyakit jantung karena dapat memicu kenaikan kadar gula darah, dan lemak jahat   dalam tubuh. Selain penyakit jantung, minuman soda juga dapat meningkatkan risiko penyakit kanker.

Setelah membaca berbagai dampak buruk tadi, apakah kamu masih menolak move on dari minuman bersoda?




Lidah Pecah-Pecah, Tanda Kekurangan Nutrisi Tambahan yang Jarang Disadari

Sebelumnya

Dampak Buruk Minum Menggunakan Sedotan: Kebiasaan Kecil yang Merugikan Kesehatan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health