Ilustrasi lansia/Unsplash
Ilustrasi lansia/Unsplash
KOMENTAR

SEIRING bertambahnya usia, tubuh mengalami berbagai perubahan yang mempengaruhi kesehatan dan kualitas hidup. Setelah melewati usia 50 tahun, penting untuk lebih memperhatikan kebiasaan sehari-hari yang dapat mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

Pada usia ini, seseorang sebaiknya mulai membatasi konsumsi kafein, makanan olahan, dan gula. Selain itu, para ahli menyarankan agar kebiasaan tertentu sebaiknya dihindari, terutama bagi mereka yang sudah lanjut usia dan perlu mengubah beberapa kebiasaan buruk.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini beberapa kebiasaan yang sebaiknya dihindari untuk menjaga tubuh tetap sehat. 

Kurang Aktif Bergerak

Gaya hidup yang kurang aktif dapat meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes, dan osteoporosis. Sangat penting untuk para lansia tetap aktif melakukan aktivitas gerak seperti berjalan atau melakukan yoga untuk membantu menjaga tubuh tetap aktif bergerak.

Membiarkan Berat Badan Bertambah

Membiarkan berat badan bertambah setelah umur lima puluh tahun dapat berdampak negatif untuk kesehatan. Di usia ini metabolisme tubuh cenderung melambat, sehingga lebih mudah untuk mengalami kenaikan berat bada.

Penting  mengelola berat badan untuk mengurangi risiko penyakit kronis dengan pola makan sehat dan seimbang.

Makan Tengah malam

Untuk menjaga kesehatan sebaiknya hindari makan tengah malam. Makan sebelum tidur dapat menyebabkan naiknya asam lambung ke kerongkongan, yang bisa mendorong konsumsi makanan tidak sehat seperti camilan berlebih atau junk food.

Jika terpaksa harus makan larut malam sebaiknya pilih makanan ringan dan sehat seperti buah-buahan ataupun sayuran dan usahakan untuk tidak makan terlalu dekat dengan waktu tidur.

Mengabaikan Pemeriksaan Rutin

Pemeriksaan kesehatan rutin penting untuk mendeteksi penyakit atau kondisi kesehatan sedini mungkin agar dapat ditangani lebih efektif. Dengan melakukan pemeriksaan secara rutin membantu mengidentifikasi masalah kesehatan yang mungkin ada dan memungkinkan untuk penanganan yang lebih cepat.

Mulailah dari langkah kecil untuk membuat perubahan yang positif dari kebiasaan dirasakan untuk kesehatan jangka panjang.




Lidah Pecah-Pecah, Tanda Kekurangan Nutrisi Tambahan yang Jarang Disadari

Sebelumnya

Dampak Buruk Minum Menggunakan Sedotan: Kebiasaan Kecil yang Merugikan Kesehatan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health