Tank-tank Israel memenuhi perbatasan Israel-Palestina/REUTERS-Amir Cohen
Tank-tank Israel memenuhi perbatasan Israel-Palestina/REUTERS-Amir Cohen
KOMENTAR

PBB pada hari Jumat (10/5) memperingatkan bahwa bantuan untuk Jalur Gaza bisa terhenti dalam beberapa hari karena pasukan Israel melancarkan perang darat dengan pejuang Palestina di kota Rafah yang padat, yang merupakan koridor bantuan utama untuk jalur yang terancam kelaparan.

Tank-tank Israel menguasai jalan utama yang memisahkan bagian timur dan barat Rafah, yang secara efektif mengepung bagian timur kota itu dalam serangan yang menyebabkan Washington memblokir sejumlah bantuan militer kepada sekutunya.

Warga menggambarkan ledakan dan tembakan yang hampir terus-menerus terjadi di timur dan timur laut kota di tepi selatan Jalur Gaza pada hari Jumat, dengan pertempuran sengit antara pasukan Israel dan militan dari Hamas dan Jihad Islam.

Hamas mengatakan pihaknya menyergap tank-tank Israel di dekat sebuah masjid di sebelah timur kota tersebut, sebuah tanda bahwa Israel telah melakukan penetrasi beberapa kilometer dari timur ke pinggiran kawasan yang dibangun.

Israel telah memerintahkan warga sipil keluar dari bagian timur Rafah, memaksa puluhan ribu orang mencari perlindungan di luar kota, yang sebelumnya merupakan tempat perlindungan terakhir bagi lebih dari satu juta orang yang melarikan diri dari wilayah lain di wilayah tersebut selama perang.

Israel mengatakan mereka tidak bisa memenangkan perang tanpa menyerang Rafah untuk membasmi ribuan pejuang Hamas yang diyakini berlindung di sana. Hamas mengatakan mereka akan berjuang untuk mempertahankannya.

Persediaan sudah menipis dan operasi bantuan bisa terhenti dalam beberapa hari karena persediaan bahan bakar dan makanan habis, demikian disampaikan badan bantuan PBB.

“Selama lima hari, tidak ada bahan bakar dan hampir tidak ada bantuan kemanusiaan yang masuk ke Jalur Gaza, dan kami sedang berupaya keras,” kata Koordinator Senior Darurat UNICEF di Jalur Gaza Hamish Young dikutip dari Reuters.

Badan-badan bantuan mengatakan pertempuran tersebut telah menyebabkan ratusan ribu warga sipil yang kehilangan tempat tinggal berada dalam bahaya.

“Ini tidak aman, seluruh Rafah tidak aman karena peluru tank mendarat di mana-mana sejak kemarin,” kata Abu Hassan, warga Tel al-Sultan di sebelah barat Rafah kepada Reuters melalui aplikasi chat.

“Saya mencoba untuk pergi tetapi saya tidak mampu membeli 2.000 shekel ($540) untuk membeli tenda bagi keluarga saya,” katanya lagi, mengingat adanya peningkatan perpindahan orang keluar dari Rafah bahkan dari wilayah barat.

“Tentara menargetkan seluruh Rafah tidak hanya di timur dengan serangan tank dan serangan udara.”

Tank-tank Israel telah menutup Rafah timur dari selatan, merebut dan menutup satu-satunya penyeberangan antara wilayah kantong tersebut dan Mesir. Kemajuan pada hari Jumat ke jalan Salahuddin yang membelah Jalur Gaza menyelesaikan pengepungan “zona merah” di mana mereka telah memerintahkan warga keluar.

“Selama tiga hari terakhir ini situasinya benar-benar memburuk secara dramatis di Rafah,” kata James Smith, seorang dokter ruang gawat darurat asal Inggris yang menjadi sukarelawan di Rumah Sakit Eropa di utara Rafah.

"Jumlah serangan udara meningkat. Jumlah serangan artileri meningkat, dan kami mendengar bahwa peralatan militer berat, tank, dan sebagainya, berada di jalan-jalan di Rafah timur dan juga sampai ke perbatasan Rafah dengan Mesir," ungkap Smith dalam pesan suara yang diteruskan ke Reuters oleh seorang rekannya.

“Semua konvoi bantuan kemanusiaan tidak dapat masuk ke Gaza dari selatan selama beberapa hari terakhir. Tidak ada bahan bakar yang masuk dan PBB telah merencanakan skenario terburuk, dengan menjatah bahan bakar untuk kegiatan-kegiatan penting saja.”

Militer Israel mengatakan pasukannya di Rafah timur telah menemukan beberapa terowongan, dan pasukan yang didukung oleh serangan udara bertempur dari jarak dekat dengan kelompok pejuang Hamas, menewaskan beberapa orang.

Dikatakan bahwa jet-jet Israel telah menghantam beberapa lokasi di mana roket dan mortir ditembakkan ke arah Israel dalam beberapa hari terakhir, termasuk di titik penyeberangan Kerem Shalmon.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan pada hari Kamis bahwa Israel akan “berjuang dengan sekuat tenaga” jika memang harus melakukannya. Dalam sebuah wawancara televisi di AS, dia mengatakan dia berharap Israel akan mengatasi perselisihannya dengan Presiden Joe Biden.

Operasi Rafah Israel telah memblokir pengiriman bantuan melalui kedua pos pemeriksaan ke Gaza selatan – termasuk satu-satunya penyeberangan dari Mesir dan dekat Kerem Shalom dari Israel. Israel menyatakan telah membuka kembali Kerem Shalom, namun lembaga-lembaga bantuan mengatakan mereka belum bisa menyalurkan pasokan.

Di Yerusalem Timur, badan utama PBB untuk Palestina, UNRWA, menutup sebuah kompleks pada hari Jumat setelah demonstran Israel membakar sebagian halamannya.

Dilaporkan Reuters, pembicaraan gencatan senjata juga terhenti pada hari Kamis (9/5) tanpa adanya kesepakatan untuk menghentikan pertempuran dan melepaskan sandera yang ditangkap dalam serangan 7 Oktober oleh Hamas yang memicu perang.

Hamas mengatakan pada awal pekan ini pihaknya menyetujui proposal yang diajukan oleh mediator Qatar dan Mesir yang sebelumnya telah diterima oleh Israel. Sebaliknya, Israel mengatakan usulan Hamas mengandung unsur-unsur yang tidak dapat diterima.




Memahami Nasib Orang Miskin dan Masa Depan Bangsa Akibat Biaya Kuliah yang Mahal

Sebelumnya

Pemerintah Arab Saudi Larang Jemaah Haji Merekam Video Berdurasi Panjang, Simak Ketentuannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News