UIN Syarif Hidayatullah/Dok.UIN Jakarta
UIN Syarif Hidayatullah/Dok.UIN Jakarta
KOMENTAR

UNIVERSITAS Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta berhasil mengukir prestasi dengan menampati peringkat ke-122 dalam QS World University Ranking (QS WUR) 2024 untuk subjek Theology, Divinity & Religious Studies.

Dilansir laman resmi Kementerian Agama RI, UIN menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Indonesia yang masuk ke QS WUR 2024. Adapun empat indikator penilaiannya adalah academic reputation, citations per paper, employer reputation, dan H-index citations.

Selain UIN Jakarta, QS WUR juga ditempati oleh dua perguruan tinggi Indonesia lain yaitu Universitas Gadjah Mada (peringkat ke-61) dan Universitas Indonesia (peringkat ke-130).

Prestasi ini disambut bahagia Rektor UIN Jakarta Prof. Asep Saepudin Jahar, M.A., Ph.D. Menurutnya, peringkat yang diperoleh UIN Jakarta membawanya setara dengan banyak universitas kelas dunia. Perguruan tinggi di berbagai belahan dunia yang masuk QS WUR umumnya memiliki tradisi akademik yang sangat mapan.

Sebut saja University of Freiburg Jerman yang dibangun pada 1457 dan menjadi salah satu dari 10 universitas terbaik di negara tersebut. Atau Cornell University Amerika yang telah mengembangkan tradisi akademiknya sejak tahun 1865.

Peringkat lima terbaik QS WUR 2024 untuk subjek Theologi, Divinity & Religious Studies adalah sebagai berikut.

  1. Harvard University
  2. University of Oxford
  3. University of Notre Dame
  4. University of Cambridge
  5. Eberhard Karls Universitat Tubingen

Ketua Tim Gugus Tugas World Class University UIN Jakarta Prof. Maila Dinia Husni Rahiem, M.A., Ph.D menjelaskan bahwa pemeringkatan QS WUR pada subjek Theologi, Divinity & Religious Studies tahun ini adalah yang pertama kali diikuti UIN Jakarta.

Menurut Prof. Maila, pencapaian ini merupakan hasil kinerja seluruh fakultas dengan bidang ilmu terkait di antaranya Fakultas Ushuluddin, Fakultas Dirasat Islamiyah, juga Fakultas Syariah dan Hukum. Ada lebih dari setengah publikasi ilmiah universitas berasal dari kelompok sosial dan kemanusiaan dengan titik pusat seperti teologi Islam dan studi agama.

Keberhasilan tersebut juga tak lepas dari dukungan yang diberikan Kementerian Agama RI untuk pengembangan dan kemajuan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ke depannya, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta juga berupaya untuk menjadi perguruan tinggi unggul kelas dunia dalam berbagai bidang ilmu lainnya. Termasuk juga sains, politik, kedokteran, ilmu komputer, juga psikologi.

Untuk merealisasikannya, segenap pimpinan dan civitas UIN Jakarta berkomitmen memperluas kolaborasi internasional dalam pengajaran dan penelitian.

Tak hanya mempromosikan mobilitas akademik, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta juga terus mengembangkan program dosen tamu inbound dan outbound serta pertukaran mahasiswa dengan universitas luar negeri. Dan tentunya, terus meningkatkan jumlah publikasi internasional dan partisipasi di forum ilmiah tingkat global.




Lonjakan Kasus COVID-19 di Singapura, Menkes Budi Gunadi Sadikin: Jangan Panik, Tingkat Penularan dan Angka Kematian Sangat Rendah

Sebelumnya

Tegaskan Kenaikan UKT Hanya untuk Mahasiswa Baru, Nadiem Makarim: Yang Lebih Mampu Bayar Lebih Besar, Yang Tidak Mampu Bayar Lebih Sedikit

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News