Ilustrasi kulit wajah yang kusam/Freepik
Ilustrasi kulit wajah yang kusam/Freepik
KOMENTAR

KULIT kusam adalah istilah umum untuk kulit yang tidak terlihat sehat.

Meskipun kulit kusam tidak tampak seperti bekas jerawat dan garis halus, namun kulit yang kusam akan sangat mengganggu penampilan. Ditambah lagi, kulit kusam juga membuat kita sulit mengaplikasikan makeup.

Beberapa penyebab kulit kusam adalah penumpukan sel kulit mati, paparan polusi, atau dehidrasi kulit. Paparan polusi misalnya, sangat sulit dihindari pada masa sekarang ini.

Salah satu yang direkomendasikan ahli kecantikan adalah gaya hidup sehat, yang diyakini dapat membantu mengatasi kulit kusam. Salah satunya adalah kebiasaan merawat wajah secara rutin.

Berikut langkah-langkah perawatan wajah untuk mengatasi kulit kusam.

Melakukan Diet Seimbang

Asam lemak pada tubuh berfungsi untuk meningkatkan produksi sel dibawah permukaan kulit, mengurangi peradangan, dan memperkuat skin barrier.

Melakukan Pembersihan pada Kulit Wajah Secara Rutin dan Teratur

Jangan lewatkan pembersihan wajah dalam waltu dua kali sehari saat pagi hari dan malam hari jika ingin tidur. Lakukan double cleansing untuk mengangkat semua kotoran dan sel kulit mati pada wajah yang menempel seharian.

Rajin Melakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi menjadi kunci utama dan tidak boleh terlewat dalam melakukan perawatan kulit. Lakukan eksfoliasi secara lembut dengan memakai skincare exfoliating cleansing minimal dua atau tiga kali dalam seminggu.

Mulai Perawatan dengan Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan kaya nutrisi dan juga dikenal sebagai skin brightening agent. Vitamin C juga memiliki berbagai fungsi mulai dari melindungi kulit dari radikal bebas terkait UV, mencerahkan bintik hitam diwajah, dan memperbaiki kulit wajah secara keseluruhan.

Menggunakan Pelembap Hyaluronic Acid

Pelembap sebagai kunci untuk menghidrasi kulit dengan baik agar lebih cerah. Gunakan pelembap yang mengandung hyaluronic acid untuk membantu pertahanan kulit yang lembap.

Gunakan Sunscreen untuk Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat merusak kulit dari kadar essential fatty acid dan hyaluronic acid. Akibatnya, kulit menjadi kusam dan terjadi pigmentasi kulit. Gunakan sunscreen minimal SPF 30 untuk menjaga kulit dari sinar matahari.

Tidur dengan Waktu yang Cukup

Tidak hanya menjaga kesehatan pada tubuh, tidur yang cukup juga berpengaruh untuk kulit wajah. Akibat dari tidur dengan waktu yang kurang cukup dapat membuat kulit lelah dan kusam.

Menggunakan Produk Skincare yang Tepat untuk Kulit Kusam

Faktor kulit kusam yaitu sensitivitas yang berlebih dan menyebabkan tekstur kulit jadi kusam dan kasar. Polusi juga terbukti menjadi pengganggu kulit serta meningkatkan produksi sebum dan jerawat. Maka dari itu, gunakanlah skincare yang tepat untuk mengatasi kulit kusam pada wajah.

Siap untuk hempaskan kulit kusam?




Step by Step Arabian Makeup yang Mudah untuk Diikuti

Sebelumnya

Kembali Jadi Tren, Ini Referensi 5 Padu Padan Rok Jeans untuk Tampilan Casual yang Feminin

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga