Contoh makanan berserat/Freepik
Contoh makanan berserat/Freepik
KOMENTAR

BAGI pasien diabetes, makanan berserat merupakan hal penting yang harus dikonsumsi untuk merasa kenyang.

Serat adalah bagian dari karbohidrat kompleks yang tidak bisa dicerna saluran pencernaan manusia. Serat yang berada di dalam tubuh berfungsi menurunkan kadar gula darah karena makanan tidak berada lama dalam usus 12 jari.

Tak hanya itu, serat juga bisa membantu menurunkan lemak darah sekaligus melancarkan pencernaan.

Dalam diskusi daring bertajuk Perencanaan Makan bagi Diabetesi yang digelar Kamis (21/3), ahli gizi RS Fatmawati Nurchayatie, S.Gz, MKM, RD menjelaskan bahwa fungsi utama serat bagi orang dengan diabetes adalah mengenyangkan. Karena diketahui, salah satu gejala diabetes adalah mudah merasa lapar.

Untuk itu, Nurchayatie mengimbau diabetes untuk mengonsumsi 20-30 gram serat per hari. Itu setara dengan lima porsi sayuran dan buah-buahan. Termasuk brokoli, bayam, daun singkong, daun katuk, juga kacang-kacangan.

Meski mementingkan serat, orang dengan diabetes tetap harus memperhatikan kebutuhan gizi seimbang. Anjuran gizi bagi pasien diabetes sebenarnya sama saja dengan orang tanpa diabetes (normal). Perbedaannya adalah jadwal makan berupa tiga kali makan utama dan tiga kali makan porsi kecil juga jenis makanan yang bebas dimakan maupun yang terbatas untuk dimakan, semuanya harus sesuai rekomendasi dokter.




Jangan Lengah, Ini Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Gula

Sebelumnya

Lebih dari Sekadar Menjaga Kesehatan Tulang, Yuk Cari Tahu Manfaat Lain Kalsium

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health