Berolahraga penting untuk menjaga kesehatan/Unsplash
Berolahraga penting untuk menjaga kesehatan/Unsplash
KOMENTAR

BERPUASA bukan alasan untuk tidak menjaga stamina tubuh dengan berolahraga. Selama bulan Ramadan, kita bisa tetap menjalankan aktivitas fisik tanpa takut mengganggu puasa. Selama dilakukan dalam intensitas yang ringan, olahraga tidak akan membahayakan tubuh.

Olahraga apa saja yang bisa kita lakukan di bulan puasa? Berikut Farah pilihkan untuk kamu.

  1. Jalan cepat: Inilah olahraga ringan yang dapat menjaga keseimbangan tubuh saat berpuasa. Kamu bisa melakukannya setiap sore hari ketika ngabuburit menjelang berbuka puasa.
  2. Zumba: Olahraga yang menyenangkan karena kamu bisa bergerak mengikuti irama lagu. Lakukan sebelum buka puasa agar tubuh terasa lebih segar.
  3. Joging: Lari pelan-pelan bisa membakar kalori secara maksimal dan meningkatkan hormon endorfin dalam tubuh. Namun, jangan lupa melakukan jogging dengan cara yang tepat agar tidak mengeluarkan banyak tenaga.
  4. Yoga: Olahraga ini dapat melatih otot perut, menjaga pernapasan, dan mengencangkan otot. Anda bisa melakukannya di atas matras yoga dengan gerakan tengkurap, angkat punggung dan pinggul.
  5. Berkendara santai dengan jarak yang dekat hingga sedang dapat menjadi salah satu olahraga saat puasa yang tepat. Selain kalori dan lemak, kegiatan ini juga dapat mengencangkan otot serta menyehatkan jantung.
  6. Bowling: Sebenarnya, bowling adalah olahraga yang tidak membutuhkan banyak energi. Olahraga ini juga terbilang mengasyikkan dan dapat menghabiskan waktu bersama teman-teman saat melakukannya.
  7. Latihan beban: Salah satu aktivitas fisik yang bisa dilakukan saat berpuasa adalah latihan beban. Kamu disarankan untuk mengurangi jumlah bebannya dan fokus pada teknik ketika melakukan latihan beban.
  8. Senam: Untuk menjaga kelenturan tubuh, senam bisa membantumu agar tidak mudah mengalami sakit punggung ketika bekerja. Kamu bisa melakukannya di pagi hari sambil menghirup udara segar atau sore hari mendekati waktu berbuka.
  9. Naik turun tangga: Aktivitas fisik ini bisa dilakukan di rumah atau saat kerja dari kantor. Kamu bisa membakar hingga 235 kalori hanya dalam 30 menit saja.

Semua jenis olahraga di atas aman dilakukan saat bulan puasa, tetapi penting untuk melakukannya sebelum sahur atau sebelum tidur, dan memilih intensitas olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh.

Berbagai jenis olahraga tersebut membantu menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa, serta membantu menjaga metabolisme tubuh, salah satunya membantu mengendalikan kadar gula darah agar stabil.




Kenali Gejala Diabetes di Malam Hari

Sebelumnya

Lebih Dekat dengan Ariel Noah Bersama Indomilk Steril "Click to get Riil!"

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health