Ilustrasi gula merah dan gula putih/Freepik
Ilustrasi gula merah dan gula putih/Freepik
KOMENTAR

GULA adalah salah satu karbohidrat yang selalu dibutuhkan oleh tubuh sehari-hari. Mengonsumsi gula diperlukan untuk menghasilkan energi.

Dilansir dari Healthify Me, gula diyakini dapat meningkatkan fungsi otak, karena glukosa adalah sumber bahan bakar untuk otak. Rasa manis gula pasir juga dapat meningkatkan mood atau suasana hati. Namun tentu jumlah konsumsi gula harus tetap dibatasi. Jika tidak, itu akan menganggu kesehatan seperti diabetes atau obesitas.

Oleh karena itu, banyak orang yang mencoba gula merah sebagai pengganti gula pasir karena menganggap jika mengonsumsi gula merah lebih sehat. Tetapi faktanya, kedua jenis gula ini memiliki kandungan kalori yang hampir sama. Misalnya satu sendok teh gula pasir mengandung 16 kalori, sedangkan gula merah mengandung 15 kalori.

Dikutip dari Medical News Today, gula pasir dan gula merah memiliki nutrisi yang sama. Namun keduanya memiliki rasa dan sifat yang kontras dan memberikan fungsi berbeda saat digunakan sebagai bahan utama dalam makanan maupun minuman.

Selain itu, nilai gizi atau nutrisi gula merah menunjukkan tingkat yang sama dengan karbohidrat. Pada gula merah terkandung beberapa mikronutrien seperti zat besi, kalsium, seng, tembaga, kalium, fosfor, dan vitamin B6.

Pemilihan gula merah dan gula putih tergantung pada pilihan pribadi masing-masing. Hal ini karena rasa dan warna adalah perbedaan utama di antara keduanya.

Meskipun gula merah menyimpan lebih banyak mineral ketimbang gula putih, tetapi jumlahnya sangat sedikit. Bisa dikatakan, gula merah tidak membawa manfaat kesehatan yang lebih dibandingkan pilihan lainnya.




Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Sebelumnya

4 Cara Manajemen Stres untuk Menjaga Kesehatan Mental

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health