Ilustrasi self-talk/Freepik
Ilustrasi self-talk/Freepik
KOMENTAR

SELF-TALK merupakan upaya dalam memberikan afirmasi positif untuk diri sendiri dengan cara melakukan monolog menggunakan kalimat-kalimat yang baik. Positive self-talk dapat berpengaruh terhadap pola pikir, perasaan, dan juga perilaku diri sendiri.

Setiap orang pasti mengalami fase di mana dia merasa kurang percaya diri, sehingga akhirnya muncul pikiran-pikiran negatif dari kepalanya sendiri. Dengan cara menerapkan positive self-talk kamu dapat menjauhkan pikiran buruk dari dalam kepalamu.

Berdasarkan data yang dihimpun Farah.id, diketahui bahwa pengertian self-talk adalah berbicara dengan diri sendiri menggunakan cara yang positif. Hal ini dilakukan agar dapat membantu seseorang dalam mengambil  keputusan dengan tepat dan menjadi lebih bijak dalam mengahadapi masalah kehidupan.

Melalui positive self-talk, seseorang akan terus berpikir positif, optimis, termotivasi, dan selalu berusaha melihat sisi positif dari segala hal. Salah satu contoh bentuk afirmasi dalam positive self-talk adalah kalimat “semua akan baik-baik saja”.

Ini dia beberapa langkah untuk terapkan positif self-talk

  1. Kenali Pikiran Negatif. Ketika sedang berada di dalam situasi tertentu, usahakan untuk menahan diri agar tidak mengungkapkan atau membiarkan pikiran negatif mengendalikan kamu.
  2. Pahami Perasaan Diri Sendiri. Ketika sedang dipenuhi pikiran negatif, coba mencari tahu penyebabnya dengan istirahat sejenak agar membuatmu berpikir jernih.
  3. Pikirkan Kata-kata Positif. Cobalah pikirkan kata-kata positif yang dapat memotivasi diri dalam menghadapi masalah.
  4. Berikan Afirmasi Positif. Berdiri depan cermin dengan memberikan apresiasi dan afirmasi positif kepada diri sendiri setelah yang sudah berhasil dilalui.

Di tengah semakin padatnya kesibukan, self-talk menjadi salah satu solusi cerdas untuk kamu memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan semangat untuk menjalani hari. Dan pada akhirnya, bisa mengurangi tingkat stres.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family