Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah/Instagram @tmski
Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah/Instagram @tmski
KOMENTAR

PANGERAN Abdul Mateen ibni Sultan Haji Hassanal Bolkiah, putra keempat dan anak ke-10 Sultan Haji Hassanal Bolkiah, salah satu orang terkaya di dunia resmi menggelar pernikahannya dengan Anisha Rosnah.

Meski berada di urutan keenam pewaris takhta, sang pangeran sangat terkenal dalam beberapa tahun terakhir, karena paras tampannya dan karena sering menemani ayahnya dalam kegiatan diplomatik.

Tak hanya berwajah rupawan, Pangeran Mateen juga merupakan seorang pilot terlatih dan tentara berpangkat letnan dua. Pangkat tersebut diperoleh pada tahun 2011 saat menjalani pendidikan perwira selama 44 minggu di Royal Military Academy Sandhurst, Inggris.

Setelah melamar Anisha di bulan Oktober 2023 lalu, Pangeran Brunei Abdul Mateen resmi menikahi Anisha dalam sebuah prosesi mewah yang memakan waktu hingga 10 hari. Proses acara dimulai pada 7 Januari dan akan berakhir pada 16 Januari. Adapun prosesi adat yang digunakan mulai dari Khatam Quran, Royal Powdering Ceremony, hingga Berbedak Mandi Ceremony. 

Dikutip dari berbagai sumber, Pangeran Abdul Mateen mengucapkan kalimat ijab kabul pada Kamis 11 Januari di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam. Tepat setelah Pangeran Abdul Mateen mengucapkan ijab kabul, pihak Istana Brunei Darussalam pun menembakkan 17 tembakan meriam sebagai simbol bahwa putra keempat sekaligus anak ke-10 Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah itu telah resmi menikah.

Dalam ijab kabul tersebut, Pangeran Abdul Mateen mempersembahkan mahar sebesar 1.000 ringgit Brunei Darussalam atau sekitar Rp11,7 juta (asumsi kurs Rp11.719/ringgit Brunei Darussalam).

Resepsi pernikahan Royal Couple digelar pada Minggu 14 Januari di Istana Nurul Iman. Pesta itu dilaporkan dihadiri 5.000 tamu, termasuk para pemimpin negara serta para bangsawan mulai dari Asia hingga Timur Tengah. Termasuk  keluarga kerajaan dari Arab Saudi dan Yordania, Presiden Indonesia Joko Widodo dan pemimpin Filipina, Ferdinand Marcos Jr, serta Raja dan Ratu Kerajaan Bhutan. 




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News