Rengganis Suspensions Bridge/Instagram @pasguntravelling
Rengganis Suspensions Bridge/Instagram @pasguntravelling
KOMENTAR

DIKLAIM sebagai salah satu jembatan gantung terpanjang di ASEAN, Rengganis Suspension Brigde yang terletak di Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung menjadi salah satu wisata yang sangat populer.

Betapa tidak, selama berjalan di jembatan ini, wisatawan disuguhi indahnya hamparan hutan belantara dan kebun teh yang hijau, serta aliran sungai sungai dari Gunung Patuha. 

Dilansir dari berbagai sumber, Rengganis Suspensions Bridge membentang sepanjang 370 meter dengan ketinggian 75 meter. Dengan panjang tersebut, Rengganis Suspension Bridge berhasil melampaui panjang Situ Gunung Suspension Bridge di Sukabumi yang sebelumnya menjadi jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara. Sebagai perbandingan, Situ Gunung Suspension Bridge mempunyai panjang 243 meter dan ketinggian 100 meter. 

Menghabiskan biaya pembangunan hingga 4 miliar rupiah, pengelola memastikan keamanan bagi para pengunjung terlihat dari infrastruktur jembatan menggunakan kawat sling baja. Kawat sling baja ini diimpor dari luar negeri setelah melalui hasil uji coba dan penelitian dari pabrik. 

Dalam pembangunannya, pihak perancang dan pengelola juga berkonsultasi dengan Balai Penelitian dan Pengembangan Struktur Jembatan Kementerian PUPR. Sementara itu, lantai dasar jembatan menggunakan kayu ulin atau kayu besi yang didatangkan langsung dari Kalimantan. 

Untuk menikmati panorama alam dari atas Rengganis Suspensions Bridge, pengunjung dikenakan tiket masuk untuk masuk Kawah Rengganis sebesar Rp30 ribu.

Ada pula Paket VIP atau tiket terusan seharga Rp100 ribu untuk sekaligus menikmati jembatan gantung, keranjang sultan, Situ Patenggang, dan wahana di Glamping Lakeside. (F




Mudahnya Memiliki Rumah dengan Kredit Pemilikan Rumah dari BJB

Sebelumnya

Taiwan Halal Center Hadirkan Produk Makanan & Minuman Bersertifikat Halal, Siap Menembus Pasar Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon