Pentingnya berkata lembut kepada anak/Freepik
Pentingnya berkata lembut kepada anak/Freepik
KOMENTAR

BANYAK cara yang ditunjukkan Rasulullah dalam mendidik anak. Sebagai umat Islam, mendidik anak sesuai yang dicontohkan Rasulullah bukan perkara mudah. Dibutuhkan kesabaran juga konsistensi, dan yang pasti, pemahaman nilai Islam yang baik.

Salah satu kiat parenting yang diajarkan Rasulullah adalah “tidak meninggikan suara saat berbicara dengan anak”.

Menurut keterangan Ustazah Imaz Fatimatuz Zahra yang tayang di YouTube NU Online, Rasulullah saat berbicara dengan orang lain, terlebih lagi dengan anak, tidak pernah meninggikan suara beliau. Rasulullah selalu berkata-kata dengan lembut.

Ternyata, ada sejumlah penelitian yang menyebutkan bahwa suara orang tua yang keras dari orang tua ke anak dapat memutus beberapa sambungan di otak yang menjadikan kinerja otak anak melambat.

Namun demikian, perlu dicermati bahwa bertutur kata lemah lembut bukan berarti tidak bisa bersikap tegas. Jika anak memang berbuat salah, maka orang tua harus bersikap tegas. Orang tua harus bisa mengarahkan anak untuk memahami kesalahannya dan tidak mengulanginya. Namun, ketegasan orang tua bukan berarti disampaikan dalam nada suara yang tinggi juga omelan yang keras.

Rasulullah telah mencontohkan betapa kata-kata yang lemah lembut akan mampu melembutkan hati anak-anak kita.




Seringkali Diabaikan dan Tidak Dianggap, Waspadai Dampak Depresi pada Anak Laki-Laki

Sebelumnya

Anak Remaja Mulai Menjauhi Orang Tua, Kenali dan Pahami Dulu Alasannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting