Ilustrasi kehancuran Gaza/Freepik
Ilustrasi kehancuran Gaza/Freepik
KOMENTAR

BERAPA banyak kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh perang Israel di Gaza?

Serangan militer Israel telah menghancurkan lingkungan alam dan bangunan di Gaza. Warga Palestina terus menderita akibat serangan brutal Israel di Gaza. Kita tahu, ribuan orang tewas dan puluhan ribu lainnya terluka.

Dikutip dari Al Jazeera (14/12), serangan Israel merupakan salah satu pengeboman paling intens sejak Perang Dunia II. Dan tidak hanya akan meninggalkan warisan duka bagi masyarakat Gaza, namun juga kerusakan fisik jangka panjang terhadap lingkungan.

Sistem sanitasi dan pengolahan air telah hancur. Ribuan bom yang dipasok Israel dan Barat mencemari udara dan tanah.

Perang ini meninggalkan lapisan baru bahan kimia beracun di tanah Gaza, menambah jumlah bahan kimia yang tertinggal setelah banyak perang yang dilakukan Israel sebelumnya.

Pertanyaannya, bisakah Gaza pulih dari ekstremnya kerusakan lingkungan yang terjadi?

Bukan hanya perang saat ini, pemboman Israel di Gaza yang terjadi sejak lama telah menghancurkan tanah, masyarakat, dan lingkungan. Bahkan jika solusi politik ditemukan, degradasi lingkungan yang disebabkan oleh Israel kemungkinan akan memakan waktu seumur hidup untuk memperbaikinya atau menyebabkan kematian biosfer Gaza secara perlahan.

Dilansir TRT World, ketika pesawat-pesawat tempur Israel menggempur infrastruktur di wilayah tersebut dan memperburuk krisis air, warga Gaza mau tak mau meminum air yang terkontaminasi limbah.

Namun seiring dengan berlangsungnya invasi Israel selama berminggu-minggu, dampak buruk lingkungan hidup dalam jangka panjang terhadap Gaza mulai menjadi fokus. Jika sebelumnya wilayah tersebut tampak tidak layak huni, maka masa depan Gaza akan jauh lebih buruk.

Apa pun nasib politik masa depan Gaza, konsekuensi jangka panjang terhadap lingkungan di wilayah tersebut sudah jelas: polusi akibat perang yang telah berlangsung selama berminggu-minggu, yang dihasilkan dari tempat bom pesawat tempur dan barel tank, akan berlangsung selama bertahun-tahun dan mungkin bertahun-tahun. Atau bahkan seumur hidup

Pada tanggal 20 November, kantor berita Turki melaporkan bahwa para ahli semakin mengkhawatirkan masalah lingkungan yang akan dihadapi warga Gaza setelah perang berakhir.

Laporan tersebut menyoroti bagaimana penggunaan amunisi dan bahan peledak yang tiada henti di Gaza memompa partikel-partikel beracun ke udara dan air, yang berpotensi meracuni warga Gaza selama bertahun-tahun yang akan datang.

Kekhawatiran terhadap meningkatnya permasalahan lingkungan di Gaza menyebar ke tingkat tertinggi komunitas internasional.

“Polusi udara, polusi air, polusi tanah, kontaminasi racun, dan emisi gas rumah kaca dalam jumlah besar disebabkan oleh konflik militer,” demikian dikatakan David R. Boyd, Pelapor Khusus PBB untuk Hak Asasi Manusia dan Lingkungan,kepada TRT World beberapa waktu lalu.




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News