Siap belanja? Jangan lupa dukung UMKM Indonesia/TikTok-Tokopedia
Siap belanja? Jangan lupa dukung UMKM Indonesia/TikTok-Tokopedia
KOMENTAR

TIKTOK secara resmi mengumumkan kemitraan strategis bersama PT GoTo Gojek Tokopedia pada Senin (11/12). Kemitraan tersebut menjadi jawaban atas rasa penasaran publik, terutama para pelaku UMKM, yang menginginkan TikTok Shop kembali beroperasi di Indonesia.

Dalam keterangan yang didapat Farah.id, diketahui bahwa sinergi bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia berada di bawah naungan PT Tokopedia. Namun demikian, TikTok juga bisa ikut andil dalam proses manajemen.

Bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional hari ini (12/12), Tiktok dan Tokopedia mengawali kemitraan mereka dengan meluncurkan kampanye Beli Lokal sebagai kampanye uji coba.

Para seller di TikTok, dapat kembali mengakses dan mengelola produk mereka di Seller Center. Dan para pembeli sudah bisa melakukan pembelian pada Harbolnas, termasuk di Live Streaming dan Shop Tab.

Menanggapi hadirnya kembali TikTok Shop di Tokopedia, Menteri Koperasi & UMKM Teten Masduki menyampaikan imbauan agar TikTok mengutamakan produk UMKM Indonesia.

“TikTok dan GoTo harus ikut serta mengembangkan program pemerintah, yaitu memberdayakan UMKM dan membangun business model yang berkelanjutan,” imbau Menkop Teten dalam keterangan resmi, Senin (11/12).

Menteri Koperasi & UKM juga menyampaikan 5 (lima) poin penting yang harus dipatuhi oleh kedua pihak yang berkolaborasi.

Pertama, patuh pada aturan pemisahan e-commerce dari media sosial.

Kedua, tidak menjual barang dumping di negara asalnya atau barang impor dengan harga ekspor lebih rendah dari negara asalnya.

Ketiga, tidak menjual barang impor tanpa dokumen lengkap.

Keempat, tidak menjual barang dengan harga di bawah HPP (harga pokok penjualan) dalam negeri, untuk melindungi pelaku UMKM.

Kelima, tidak menjual produk sendiri demi menghindari diskriminasi terhadap produk lokal lain.




Potensi Tsunami Masih Ada, Warga Diminta Waspadai Erupsi Gunung Ruang

Sebelumnya

Fasilitas Kesehatan Hancur, Sebanyak 562 Warga Palestina Menderita Hemofilia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News