PaDi, agar UMKM Tanah Air terus berkembang/Facebook PaDi UMKM
PaDi, agar UMKM Tanah Air terus berkembang/Facebook PaDi UMKM
KOMENTAR

USAHA Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu fondasi kuat yang menyangga stabilitas perekonomian nasional. UMKM tercatat menyumbangkan kontribusi yang besar bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

PT. Telkom Indonesia Tbk (Telkom) sebagai BUMN dengan kekuatan digitalnya terus berupaya untuk memenuhi pesan dari Menteri BUMN RI untuk dapat menjembatani inisiatif pemerintah dalam membantu mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Salah satu bentuk nyata yang dilakukan Telkom untuk meningkatkan kinerja UMKM adalah dengan menghadirkan marketplace PaDi (Pasar Digital) yang berada di bawah naungan brand Leap-Telkom Digital (Leap) sejak tahun 2020.

Dilansir dari laman resmi Telkom, PaDi UMKM berperan sebagai marketplace utama yang memfasilitasi para pelaku UMKM untuk memperoleh akses jaringan pasar yang lebih luas, serta sebagai penghubung bagi para pelaku UMKM di Indonesia untuk bertransaksi dan bekerja sama dengan berbagai perusahaan BUMN.

Selain UMKM produk, banyak juga UMKM dengan bentuk lainnya seperti jasa, material kontsruksi, jasa event organizer, dan sebagainya.

Sudah hampir tiga tahun beroperasi, tercatat sebanyak 95 BUMN bersama-sama mendukung UMKM naik kelas, serta lebih dari 10.000 buyer group sudah menjadikan PaDi UMKM sebagai platform digital untuk pengadaan kebutuhan kantornya.

Berdasarkan data yang dihimpun Farah.id, dalam platform PaDi UMKM ini terdapat beberapa fitur yang memudahkan pelaku UMKM dalam bertransaksi di platform tersebut.

Ada fitur Invoice Financing yang membantu pendanaan modal usaha UMKM, ada pula fitur Request for Quotation (RFQ) yang memberikan kemudahan dalam membantu UMKM memenuhi permintaan kebutuhan barang atau jasa secara sekaligus dalam satu proses sistem digital yang difasilitasi oleh PaDi UMKM.

Tidak hanya itu, saat ini PaDi UMKM juga sedang memperluas jaringan pasar hingga ke luar BUMN. Hal tersebut dilakukan untuk memperkuat peran UMKM dalam ekosistem ekonomi yang semakin terintegrasi.




Bertentangan dengan Kesepakatan Internasional, Amerika Serikat Halangi Palestina Jadi Anggota Penuh PBB

Sebelumnya

Potensi Tsunami Masih Ada, Warga Diminta Waspadai Erupsi Gunung Ruang

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News