Sejumlah figur publik hadiri pelepasan bantuan tahap pertama untuk Palestina di Halim Perdana Kusuma (4/11)/Kitabisa
Sejumlah figur publik hadiri pelepasan bantuan tahap pertama untuk Palestina di Halim Perdana Kusuma (4/11)/Kitabisa
KOMENTAR

SEJUMLAH tokoh publik yang telah menggalang dana untuk bantuan kemanusiaan Gaza di platform Kitabisa turut melepas pengiriman bantuan kemanusiaan yang dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Sabtu (4/11/2023).

Dalam acara pelepasan tersebut, di antara jajaran kabinet yang hadir adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto turut mendampingi Presiden Joko Widodo.

Mulai dari Syifa Hadju, Rachel Vennya, hingga Atta Halilintar ikut dalam kegiatan ini. Total sebanyak 51,5 ton bantuan kemanusiaan terbang bersama bantuan dari pemerintah, lembaga kemanusiaan, dan badan usaha lainnya.

“Bantuan ini bukan hanya dari pemerintah namun juga dari masyarakat, dari dunia usaha, yang disalurkan melalui berbagai lembaga kemanusiaan. Ada yang dari BAZNAS, dari IHA, dari PMI, dari Kitabisa, dan juga dari pemerintah, TNI, dan Polri. Yang selanjutnya, kita harapkan akan semakin banyak bantuan-bantuan dari masyarakat dan dunia usaha” ujar Presiden Joko Widodo.

Bantuan yang dikirim hari ini akan diserahkan kepada Egyptian Red Crescent (Bulan Sabit Merah Mesir) untuk dibawa ke perbatasan Mesir dengan Gaza. Lalu penyerahan bantuan kepada masyarakat di Gaza akan dilakukan oleh United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East (UNRWA), lembaga kemanusiaan PBB yang menangani pengungsi Palestina.

Tampak hadir sejumlah tokoh publik lainnya seperti Zaskia Adya Mecca, Hanung Bramantyo, Irvan Farhad, Rizky Nazar, Mira Agile, dan Vicky Alaydrus yang ikut dalam pelepasan bantuan kemanusiaan ini. Sebelumnya para tokoh publik ini telah melakukan diskusi dan pemetaan mengenai penyaluran ke Palestina di kantor Kitabisa, Jakarta pada 2 November.

“Hari ini aku bersama teman-teman influencers lainnya ikut melepaskan bantuan dari masyarakat Indonesia untuk pertama kalinya bersama Kementerian Luar Negeri untuk saudara-saudara kita yang berada di Gaza, Palestina. Semoga lancar, semoga donasi ini bermanfaat dan sampai dengan selamat ke tangan saudara-saudara kita yang membutuhkan” ujar Syifa Hadju, sambil terus mengajak masyarakat untuk berdonasi di Kitabisa untuk korban di Palestina.

Kitabisa sebagai platform donasi telah memfasilitasi berbagai galang dana bantuan kemanusiaan untuk Palestina, termasuk oleh lembaga kemanusiaan, tokoh publik, dan juga badan usaha yang sudah diverifikasi oleh Kitabisa.

Transparansi jumlah donasi yang terkumpul serta laporan penyaluran dapat dilihat secara berkala di halaman ktbs.in/gaza atau akun instagram @kitabisacom.

“Ini adalah penyaluran pertama hasil donasi di Kitabisa bersama pemerintah. Kami terus berkomunikasi intens dengan Kemenlu untuk penyaluran bantuan tahap selanjutnya. Yang pasti bantuan ini akan terus dilakukan secara bertahap mengingat kondisi di Gaza saat ini” tutup Vikra Ijas, CEO Kitabisa.




Hadirkan Quraish Shihab, Buttonscarves Bersyukur Atas 8 Tahun Keberkahan

Sebelumnya

Memanfaatkan Momen Ramadan, Bank Mega Syariah Berikan Literasi Keuangan Syariah bagi Jemaah Masjid Istiqlal

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel C&E