Salah satu bentuk dukungan kepada Palestine yang disampaikan anak-anak melalui game online Roblox/Roblox Corporation
Salah satu bentuk dukungan kepada Palestine yang disampaikan anak-anak melalui game online Roblox/Roblox Corporation
KOMENTAR

SEMUA orang menyatakan simpati mendalam atas konflik kemanusiaan yang terjadi di Jalur Gaza, antara Palestina dan Israel. Hampir semua negara mengutuk serangan keji yang dilakukan Israel dan seluruh warga di beberapa negara menyerukan untuk segera dilakukan gencatan senjata sebagai tanda mengakhiri konflik.

Namun yang terjadi justru sebaliknya. Presiden Israel semakin keras menyatakan tidak ingin melakukan gencatan senjata dan menghentikan serangan.

Protes keras pun dilayangkan. Tidak hanya oleh kelompok pemerintahan di banyak negara di dunia, atau orang dewasa dan kelompok tertentu, anak-anak pun menyatakan keprihatinannya dan mengecam tindakan tak pantas tersebut.

Aksi protes anak-anak ini memang belum bisa dilakukan secara nyata. Namun mereka memanfaatkan game online Roblox untuk menyatakan dukungan kepada Palestina dan berunjuk rasa atas kekejaman Israel.

Mengutip South China Morning Post, Jumat (27/10) lalu, unjuk rasa virtual yang dilakukan anak-anak ini disiarkan langsung selama 2 jam di TikTok oleh akun Cikgu Zyd. Video viral usai Perdana Menteri Anwar Ibrahim memimpin pertemuan offline pro-Palestina di Kuala Lumpur, Selasa (24/10).

Dari situlah akun Cikgu Zyd mendapatkan banyak dukungan dari para orang tua dan berjanji menyiarkan lebih banyak sesi unjuk rasa pada malam hari agar anak-anak dapat bergabung setelah pulang sekolah.

Juru bicara Roblox kepada CNBC menyatakan, protes yang ditampilkan dalam video viral adalah satu dari beberapa protes yang diketahui perusahaan tersebut.

Menurut data Roblox, pada Desember 2022 sebanyak 45% pengguna adalah anak-anak berusia kurang dari 12 dan hanya 17% yang berusia di atas 25.

Roblox sendiri merupakan platform terbuka yang mengizinkan pengguna untuk menjadi developer dan membuat game di dalamnya. Di sana, sesama pengguna bisa memainkan game buatan sendiri, sehingga menghadirkan pengalaman yang berbeda.




Menaker Ida Fauziyah di International Labour Conference 2024: Indonesia Usung Misi Perlindungan Pekerja, Kesetaraan, dan Keberlangsungan Usaha

Sebelumnya

KBRI Kairo Resmikan Gerai Ban dan Pelek Kendaraan Indonesia di Kota Madinaty Mesir

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News