Vina, pemilik Lovely Dolls bisa raup keuntungan hingga puluhan juta rupiah dari usahanya/Farah
Vina, pemilik Lovely Dolls bisa raup keuntungan hingga puluhan juta rupiah dari usahanya/Farah
KOMENTAR

ADA pojok menarik di Inacraft on October 2023 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, sejak 4 hingga 8 Oktober 2023. Youthpreneur Corner, menjadi andalan pameran kerajinan tangan terbesar di Asia Tenggara, untuk kali ini. Dan salah satunya adalah Lovely Dolls, meramaikan pojok artisan muda di sana.

Seperti namanya, Lovelly Dolls, tentu saja booth ini menyajikan ragam boneka menggemaskan yang sangat sayang jika tidak dikoleksi. Pembuatnya adalah Vina K Satihardja, seorang perempuan muda yang awalnya hendak mengalihkan perhatian anak-anak dari gadget ke permainan yang lebih kreatif. Salah satunya membuat boneka (handmade).

Kepada Farah.id Vina bercerita, Lovely Dolls mengajarkan anak-anak untuk membuat bonekanya sendiri. Awalnya, boneka-boneka tersebut dibuat dari kain perca atau kain sisa produksi. Keunikan dari boneka ini adalah bisa diganti-ganti baju dan aksesoris lainnya.

“Tapi lama-lama, karena pesanan bertambah banyak dan kita juga kesulitan mengumpulkan kain perca, jadi kita beli sendiri bahan-bahannya,” kata Vina, ditemua di pameran Inacraft on October 2023 di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (4/10).

Bisnis Vina dimulai dari bazaar di sekolah anaknya. Saat itu, ia membuat 22 boneka dengan modal Rp700 ribu. Setelah itu, banyak sekali pesanan yang masuk, terutama untuk souvenir dan menjadi reseller.

Saat ini, Vina menjual produkny senilai Rp40 ribu hingga lebih dari Rp200 ribu. Tergantung pada ukuran dan kostum serta aksesoris yang akan dikenakan. Dari bisnis ini, Vina bisa meraup omzet sebesar Rp 100juta/bulan dan sudah memiliki banyak gerai, baik itu di Bandung maupun Bogor.

Ia juga telah dibantu oleh beberapa karyawan, yang utamanya adalah ibu-ibu warga sekitar yang ingin dibina dan diajarkan cara membuat boneka.

Untuk ke depannya, ada banyak harapan Vina atas bisnisnya. Beberapa di antaranya adalah menambah karakter baru untul si Lovely Dolls. Untuk saat ini, kurang lebih ada tujuh tokoh berbeda yang dibuatnya, yaitu Si Manis, Kutu Buku, Jahil, Lucu, Feminin, Tomboy, dan Ceria.

“Kalau yang ini namanya Brenda, dia Si Kutu Buku. Nah, kalau yang ini boneka-boneka karakter hijabi, karena saya lihat sekarang ini banyak sekali perempuan muslim yang mulai berhijab,” ujar dia.

Dan saat ini, Vina juga telah membuka bisnis baru yaitu Bakso Malang yang ada di Kota Bogor.




Naik Transportasi Umum untuk Kurangi Polusi, Tunggu Apalagi?

Sebelumnya

Hadirkan Akses Monitoring dan Pengelolaan Dana Real Time, M-Syariah Dukung Pertumbuhan Bisnis Pelaku Usaha di Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Horizon